3 Benda Penyebab Kucing Tersedak Dan Cara Mengatasinya

Kucing tersedak merupakan kejadian dimana tenggorokan kucing tersangkut oleh sesuatu, entah itu duri, tulang, makanan, ataupun mainan. Dan kondisi semacam itu bakal bahaya jika tidak segera ditangani, ya mirip kaya manusia. Untuk yang ringan hanya bakal bikin cegukan, tapi yang parah bisa membuat kucing sulit bernapas.

Ngomongin soal tersedak, sebenarnya apa yang membuat kucing bisa sampai seperti itu?

Biasanya sih ini disebabkan oleh kekagetan, jadi semisal kucing sedang mengunyah sesuatu lalu secara tiba tiba dikagetkan oleh kucing yang lain maupun oleh hewan lain. Kadang juga malah kaget karena kedatangan manusia. Nah saat ia kaget itulah, dia tidak sengaja menelan makanan atau benda yang ukurannya sedikit besar, sehingga membuatnya nyangkut di tenggorokan. Ya kalau mau dibayangin, kejadiannya mirip sama yang terjadi pada manusia.

Untuk itu sebaiknya jauhkan kucing dari benda atau makanan yang bisa membuat dia tersedak. Seperti :

Tulang Ayam

Nah kasus kucing tersedak tulang ayam cukup banyak, karena sejatinya kucing memang suka memakan daging ayam beserta tulangnya. Biasanya saat kucing sedang mengunyah tulang, lalu tiba tiba ada yang mengagetkan sehingga ia tersentak dan jadilah ia tak sengaja menelan tulang ayam yang masih sedikit besar.

kucing tersedak tulang ayam

Untuk solusinya, Dilansir dari myhewan jika memang memungkinkan coba tangkap kucing lalu minta tolong saudara Anda untuk memegang kucing Anda biar tenang. Lalu Anda coba buka mulutnya, jika kelihatan ada benda yang nyangkut di area tenggorokan. Coba ambil dengan pinset atau semacamnya. Namun bila tidak berhasil, coba bantu kucing memuntahkannya dengan cara memukul dengan pelan dan perlahan area punggung kucing dekat leher.

Duri Ikan

Kejadian yang cukup sering terjadi juga adalah kucing tersedak duri ikan. Inilah mengapa pentingnya untuk memberikan ikan pada kucing dengan tanpa duri. Jadi sebelum diberikan, si ikan sudah bersih dari duri. Namun ya itu, kalau misal tidak Ada waktu ya cukup susah. Makanya alternatif lain jika ingin memberikan ikan ke kucing, bisa dengan memberikan minyak ikan pada kucing. Banyak kok, manfaat minyak ikan untuk kucing.

cara menolong kucing tersedak duri ikan

Nah, untuk solusi dari permasalahan ini adalah coba tuntun kucing Anda untuk memakan lagi makanan lain, dengan harapan si duri bakal ikut masuk ke dalam perut. Namun jika tidak berhasil, coba gunakan cara di atas seperti ketika kena tulang ayam. Dan apabila tidak berhasil juga, silahkan bawa ke dokter saja.

Mainan

Memang sebaiknya untuk tidak memberikan mainan kucing yang ukurannya cukup kecil, takutnya ini bisa memicu terjadinya kucing tersedak mainan. Kan gak lucu. Meski ini jarang terjadi, tapi sebaiknya tetap waspada agar kucing Anda tetap aman dan tidak terkena masalah yang cukup serius.

tersedak mainan

Oh ya, untuk menolong kucing tersedak, setelah Anda mengetahui kucing sedang mengalami masalah pada tenggorokannya. Maka segera tolong dengan cara membuka mulutnya secara perlahan dan cobalah ambil mainan tersebut dengan pinset. Apabila tidak berhasil, saran saya bawa saja ke dokter agar ditangani oleh tenaga profesional.

Catatan : Sebaiknya segera atasi masalah seperti itu, meski cuma membuat cegukan doang. Alasanya jika tidak segera ditangani, takutnya kucing malah tambah parah dengan mengalami gangguan napas. Kan ini malah jadi gawat darurat. Oleh sebab itu, atasi selagi kucing belum parah.

Good luck catslover. Success for You, Ok?