3 Peluang Usaha Tanpa Modal yang Cocok untuk Mahasiswa

Salah satu derita yang sering dirasakan oleh mahasiswa adalah terbatasnya uang saku yang diberikan oleh orang tua. Untuk menyiasatinya, ada tiga alternatif yang dapat dilakukan, yaitu dengan mencari beasiswa, dengan bekerja part time, dan dengan berbisnis.

Nah, khusus untuk Anda yang ingin menyelesaikan permasalahan finansial Anda di kampus dengan cara berbisnis, berikut merupakan 3 peluang usaha tanpa modal yang bisa Anda coba untuk jalankan:

3 Peluang Usaha Tanpa Modal yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

1. Layanan Fotocopy

Lho, bukannya mesin foto copy itu mahal ya? Lagian, untuk bisa buka jasa foto copy bukannya kita juga butuh tempat yang strategis? Yups, bener banget. Namun, jika Anda mau memutar otak, untuk bisa menyediakan layanan foto copy, Anda sebenarnya tidak perlu membuka jasa fotocopy sendiri.

Anda dapat memanfaatkan jasa foto copy milik orang lain dengan mekanisme kerja sama. Dalam hal ini, Anda dapat mengajukan penawaran kerjasama dengan pemilik foto copy. Tugas Anda adalah mencari konsumen (dalam hal ini bisa teman – teman Anda di kampus), dan tugas pemilik jasa foto copy adalah menyediakan layanan fotocopynya.

Untuk pembagian keuntungan Anda dapat meminta komisi sebesar 10 – 30 rupiah per halaman yang di fotocopy. Ya memang kecil sih, tapi coba bayangkan jika per harinya Anda dapat memfoto copy hingga 1000 – 5000 halaman, hasilnya bakalan gede juga bukan?

2. Jualan Sarapan dengan Mekanisme Kerja Sama

Peluang usaha tanpa modal kedua yang juga sangat potensial untuk dijalankan oleh kalangan mahasiswa adalah usaha jualan sarapan dengan mekanisme kerja sama. Usaha ini kami sebut potensial untuk dijalankan oleh mahasiswa karena mayoritas mahasiswa yang masuk kelas pagi biasanya tidak sarapan.

Nah, ini merupakan sebuah peluang yang bisa Anda manfaatkan. Untuk memanfaatkannya Anda dapat bekerjasama dengan produsen makanan seperti donat, risol, nasi uduk, dll dengan sistem “ambil di depan”. Jadi, di pagi hari Anda mengambil barang dari mereka, dan di sore hari, Anda baru membayar setelah barang dagangannya laku. Cukup mudah bukan?

3. Jualan Online

Mayoritas mahasiswa saat ini sudah memiliki fasilitas berupa jaringan internet. Nah, fasilitas berupa jaringan internet dan pelatihan bisnis online ini bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis, salah satunya adalah jualan online.

Untuk produk yang akan dijual, Anda dapat mencarinya di pasar atau pun di toko lain. Foto produk tersebut, lalu tawarkan secara online. Jika Anda yang membeli, Anda tinggal membeli produk tersebut dari pemiliknya dan kemudian mengirimkannya kembali ke konsumen Anda.

Itulah beberapa peluang usaha tanpa modal yang potensial untuk dijalankan oleh kalangan mahasiswa. Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjalankan salah satu dari beberapa peluang usaha di atas?