4 Jenis Kayu Berkualitas untuk Membuat Kitchen Set Kayu

Ada banyak jenis furniture yang wajib ada di sebuah rumah, salah satunya adalah kitchen set kayu. Furniture jenis ini biasanya ditempatkan di dapur dengan kualitas beragam dan dibuat dari berbagai jenis kayu. Semakin bagus kayu, maka furniture ini akan semakin bertahan dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya itu, motif yang dihadirkan pun jauh lebih cantik dan natural. Untuk Anda yang tertarik menggunakan bahan kayu, ada beberapa jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat kitchen set berbahan kayu ini.

Pilihan Bahan Kayu Terbaik untuk Kitchen Set Kayu

1. Kayu Mahoni

Kayu ini merupakan salah satu kayu pilihan untuk membuat furniture kitchen set. Kayu ini mempunyai serat kayu yang lembut dan halus sehingga cocok sekali untuk membuat mebel berkualitas tinggi. Kayu ini bisa membuat tampilan kitchen set lebih natural dan klasik sehingga terlihat menarik saat ditempatkan di dapur. Kayu mahoni ini memiliki harga jual lebih murah dibandingkan kayu jati. Tak heran jika kayu ini menjadi alternatif murah untuk furniture item dengan harga yang lebih terjangkau. Kayu ini memang tak sekuat kayu jati tetapi kualitasnya patut diperhitungkan karena kepadatan serat yang tinggi.

2. Kayu Jati

Kitchen set kayu berbahan kayu jati sepertinya menjadi pilihan utama para pecinta furniture kayu. Kayu jati ini memiliki kualitas terbaik untuk produksi berbagai jenis mebel. Kayu jati juga digunakan untuk membuat mebel pesanan dari pelanggan sehingga Anda bisa menentukan kualitas mebel itu sendiri. Kitchen set dari kayu jati pastinya lebih kuat dan tahan lama karena kepadatan seratnya yang luar biasa. Kayu ini juga dikenal sangat tahan lama untuk kitchen set dan berbagai jenis furniture lainnya. Para pengrajin akan lebih mudah dalam memberikan detail ukiran di dalam kayu jati ini dibandingkan kayu lainnya.

3. Kayu Trembesi

Jenis kayu solid lainnya untuk membuat kitchen set kayu adalah kayu trembesi. Pembuatan kitchen set dengan bahan kayu ini biasanya berdasarkan permintaan pembeli. Kayu ini sangat solid dan keras seperti kayu jati yang mana bisa tumbuh tinggi. Tak jarang kayu ini juga digunakan untuk membuat patung ukiran sebagai hiasan. Jadi, bila Anda kurang suka kayu jenis mahoni dan jati, maka Anda bisa memilih kayu jenis ini sebagai alternatif.

4. Kayu Mangga

Jenis kayu untuk membuat kitchen set ini bisa berbahan kayu mangga. Tidak jarang ditemui pengrajin yang membuat kitchen set dengan bahan kayu mangga. Kayu ini biasanya dipakai untuk menggantikan kayu mahoni karena mempunyai sifat dan tekstur yang hampir mirip. Kayu mangga ini memiliki warna putih cenderung kuning dengan tingkat kesolidan di bawah kayu mahoni. Tentu saja ini bisa menjadi alternatif menarik untuk menggantikan kayu mahoni dalam pembuatan kitchen set kayu.