5 Wisata Gratis di Jakarta Yang Cocok Untuk Menghemat Biaya

Jakarta merupakan ibukota Indonesia dan salah satu tempat yang terkenal oleh mancanegara setelah Bali. Jakarta juga merupakan tempat pusatnya pemerintahan republik Indonesia. Karena hal tersebut, Jakarta turut dijadikan tempat metropolitan terbesar di Asia Tenggara.

Liburan di kota Metropolitan terbesar di Asia Tenggara ini memanglah jadi impian banyak orang. Namun, ketika ingin liburan terkadang terdapat kendala mengeluarkan biaya yang cukup besar. 

Apakah ada wisata gratis di kota Jakarta? Banyak orang beranggapan berlibur di kota Jakarta mengeluarkan biaya besar. Jika kalian beranggapan seperti itu, berarti kalian belum mengenal Jakarta lebih dalam lagi. Berikut tempat wisata di Jakarta yang gratis untuk semua orang.

1. Kota Tua

Kota Tua merupakan tempat wisata yang terkenal di Jakarta, dan tempat untuk mengenang masa-masa para penjajahan. Kota ini berlokasi di Jakarta Utara.

Kalian dapat menemukan berbagai bangunan-bangunan tua yang dibangun oleh Belanda dan memiliki kaya akan nilai sejarah di dalamnya. Banyak bangunan-bangunan tua yang bersejarah seperti museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan masih banyak bangunan bersejarah lainnya yang dapat kalian temukan.

Namun, bangunan bangunan tersebut tidaklah sepenuhnya gratis, beberapa bangunan tersebut ada yang membayar ketika kalian memasukinya. Tapi kalian dapat mengelilingi kota tua ini dan kalian akan disuguhi berbagai pemandangan nuansa jaman penjajahan dan berbagai spot yang bisa kalian abadikan.

2. Taman Situ Lembang

Apakah kalian ingin menikmati liburan ke ruangan hijau di Indonesia? Wisata yang satu ini harus kalian kunjungi ketika berlibur ke Jakarta. Taman Situ Lembang merupakan wisata taman yang gratis berlokasi di Jakarta Pusat.

Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Berbagai pemandangan pohon dan bunga-bunga yang indah terawat.

Taman ini cocok buat kalian yang ingin liburan santai penghilang rasa penat saat banyaknya aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu saja, disaat momen sore hari, kalian dapat menikmati suasana yang nyaman dan tenang ditemani indahnya pemandangan alam.

3. Taman Suropati

Tempat wisata gratis yang satu ini wajib kalian kunjungi. Tidak jauh halnya dari taman situ lembang. Taman Suropati merupakan taman wisata yang gratis yang berlokasi di Menteng Jakarta.

Tak perlu mengeluarkan biaya banyak. Ditaman ini kalian hanya perlu membawa beberapa bekal saja untuk menikmati liburan bersama keluarga atau teman kalian.

Ditaman ini kalian dapat menikmati suasana sejuk dan nyaman dikelilingi pohon dan tumbuhan yang hijau dan terawat. Tidak hanya itu, ditaman ini kalian bisa melihat burung merpati. Jika kalian beruntung, kalian bisa melihat live dari musisi jalanan yang pandai memainkan beberapa musik.

4. Galeri Nasional Indonesia

Wisata gratis selanjutnya yang wajib kalian kunjungi yaitu Galeri Nasional Indonesia. Galeri Nasional adalah salah satu tempat seni yang sudah sangat populer di Indonesia yang berlokasi di Ibukota Jakarta.

Galeri Nasional Indonesia telah menyimpan sekitar 1.700 karya seni termasuk lukisan-lukisan legendaris dari Indonesia. Kalian dapat menikmati berbagai karya lukisan dari para pelukis asal Indonesia.

Berbagi karya para seniman seperti mural, patung, seni instalasi, dan masih banyak karya seni lainnya. Galeri Nasional ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti ruang pameran, perpustakaan, hingga laboratorium.

5. Tribeca Park

Tempat wisata gratis terakhir yang wajib kalian kunjungi yaitu Tribeca Park. Tribeca Park merupakan salah satu destinasi wisata gratis yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Grogol petamburan, Jakarta Barat.

Kalian dapat menikmati suasana yang hijau dan nyaman ditemani dengan tanaman yang berwarna-warni, lanskap taman, kolam, dan hewan-hewan yang imut dan lucu. Taman Tribeca sering kali dijuluki taman untuk beristirahat sejenak setelah melihat padatnya kota.