6 Hal yang harus dilakukan jika Hpmu Hilang

Kehilangan sesuatu yang berharga pasti sangat menjengkelkan, apalagi yang hilang tersebut adalah HP kesayangan. Di HP mungkin ada banyak data-data penting yang tersimpan. Tapi yaa sudahlah.. hilang adalah hal umum yang sering terjadi..

Lalu, langkah apa saja yang harus kamu lakukan setelah kehilangan HP kesayangan ?

Coba SMS dan Telp nomor Hp kamu

Hal termudah dan tercepat yang dapat kamu lakukan ketika HP mu hilang adalah mengirim SMS atau menelpon nomor tersebut. Dengan begitu kamu akan segera tahu apakah HP tersebut hanya lupa menaruhnya atau benar-benar hilang.

Meskipun HP tersebut hilang, kamu masih memiliki harapan untuk menemukan HP tersebut, apabila orang yang menemukannya berbaik hati mengembalikannya setelah membaca SMS atau menerima telpon darimu.

 

HP

baca juga : Cara cek nomor indosat

Menghubungi Costumer Service

Langkah lainnya yang dapat kamu lakukan adalah menghubungi Costumer Service dari provider yang kamu gunakan. Mintalah untuk memblokir nomor HP kamu agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti menipu orang-orang yang ada di kontak HP.

Namun tidak perlu khawatir, karena pihak operator seluler akan membantumu mendapatkan nomor telepon kembali asalkan data yang ada di nomor telpon tersebut sama dengan identitas yang kamu miliki.

Lacak HP mu menggunakan aplikasi Find My Phone

Aplikasi besutan Google ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi penggunanya. Kamu dapat melacak lokasi HP dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi ini. selain itu, cara mengoperasikannnya pun sangat mudah, lakukan log in menggunakan akun Google yang sama dengan akun di device android kamu yang hilang.

Ketika menggunakan aplikasi ini untuk melacak HP yang hilang, kamu dapat melakukan login dari device yang lain atau melalui desktop. Dengan aplikasi ini, kamu juga dapat menghapus data-data penting yang ada di HP.

Menggunakan aplikasi lain untuk melacak nomor HP

Selain aplikasi Find My Phone, ada beberapa aplikasi yang dapat membantu untuk melacak nomor HP mu yang hilang. Berikut adalah diantaranya :

Comodo anti theft

Aplikasi ini akan membantumu untuk mengatur lokasi, penghapus data, kunci alarm, dan juga mengambil photo. Selain itu, aplikasi ini memiliki kelebihan tak bisa di uninstal tanpa seizin pemilik smartphone. Dengan begitu, HPmu yang hilang akan tetap terdeteksi melalui aplikasi Comodo Anti Theft.

Phone Tracker By Number

Aplikasi yang satu ini juga dapat membantu kamu untuk melacak HP kamu yang hilang karena menyediakan fitur-fitur keamanan yang cukup komplit dan bermanfaat bagi penggunanya. Namun aplikasi Phone Tracker By Number memiliki kelemahan yaitu, kadang bekerja sangat lambat.

Melapor kepada pihak yang berwajib

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah segera melaporkan kehilangan HP mu kepada pihak yang berwajib. Kamu dapat menyiapkan beberapa informasi sebelum kamu membuat laporan ke pihak berwajib berupa :

  • nomor IMEI HP (lihat di kotak HP jika masih ada)
  • nomor Tlp pakai provider apa ? (telkomsel, indosat, dst)
  • merk dan tipe HP
  • Cerita kronologis hilangnya HP

Dengan cara ini setidaknya kamu memiliki peluang untuk menemukan HP mu kembali meskipun tidak ada jaminannya.

Ikhlaskan

Ikhlaskanlah.. agar tidak menjadi beban pikiranmu. Kalau ketemu ya alhamdulillah, tapi jika tidak, ya.. relakanlah..  

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika kamu kehilangan HP. Semoga bermanfaat dan temukan artikel menarik lainnya hanya di pediansa.