7 Jajanan SD Yang Penuh Kenangan Yang Tak Terlupakan

Banyak sekali jajanan anak SD yang terasa enak dan nikmat serta membangkitkan nostalgia. Jajanan ini sekan membawa kita kembali ke masa sewaktu duduk di bangku Sekolah Dasar. Pada waktu itu jam istirahat merupakan waktu terbaik untuk menikmati aneka jajanan di sekitar lingkungan sekolah.

Mungkin saat ini banyak jajanan yang sudah jarang ditemukan lagi dan digantikan dengan jajanan lainnya. Namun ada pula jajanan legendaris yang sampai saat ini masih tetap eksis dan tetap menjadi salah satu yang digemari.

Oleh sebab itu berikut ini jajanan anak SD legendaris yang cukup laris dan bisa jadi adalah salah satu favorit kalian.

1. Cilok

Makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari aci atau tepung tapioka ini biasa dijual di lingkungan sekitar SD.

Cimol biasa disajikan dalam keadaan basah dengan lumeran saos racikan atau juga ditambahkan kecap. Cilok biasa dibungkus dengan menggunakan wadah plastik dan dimakan menggunakan tusukan dari bambu untuk memudahkan sewaktu menyantapnya.

2. Kue Leker

Leker adalah salah satu jajanan SD bercita rasa manis yang berbentuk menyerupai Crepes.

Teksturnya yang tipis dan garing serta memiliki aneka isian seperti pisang, cokelat meses, keju serut dan lainnya ini memang enak dan cocok dijadikam cemilan. Selain itu biasanya ditambahkan pula susu krimer di dalamnya yang semakin membuat rasanya manis sewaktu menyantapnya.

3. Es Gabus

Anak kelahiran tahun 90an pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan dingin yang satu ini. Es gabus memiliki tekstur yang unik dengan tampilan yang berwarna-warni membuta siapa saja pasti meliriknya.

Rasanya yang tidak terlalu manis serta penggunaan pewarna alami juga membuat Es Gabus relative aman dikonsumsi terutama bagi anak-anak. Es Gabus adalah salah satu jajanan dingin yang cukup digemari.

4. Telur Gulung

Jajanan SD yang juga saat ini kembali ramai diminati oleh kalangan anak muda adalah Telur Gulung. Salah satu yang membuat makanan ini menarik bagi anak-anak SD adalah cara memasaknya.

Selain itu rasanya yang gurih juga membuat jajanan ini favorit apalagi jika ditambahkan saus di atasnya. Telur Gulung biasa disajikan pada sebuah batang bambu yang siap langsung dinikmati.

5. Mie Lidi

Makanan yang berasal dari tepung terigu dan tepung sagu ini memiliki bentuk yang menyerupai lidi. Oleh karena itu jajanan SD ini biasa disebut dengan nama Mie Lidi tau Lidi-lidian.

Selain itu dalam Mie Lidi juga biasa disajikan dengan ditaburi garam yang membuat rasanya gurih. Ada pula yang ditambahkan bubuk cabai atau perisa lainnya yang membuat rasanya pedas dan beragam.

6. Rambut Nenek

Rambut Nenek adalah sebutan untuk makanan berjenis Gulali yang sering ditemukan di sekitar lingkungan SD.

Namanya mungkin agak aneh, namun jajanan dinamakan berdasarkan tampilannya yang menyerupai rambut nenek yang sudah beruban. Rassanya yang manis, teksturnya yang unik, dan tampilannya yang menarik membuat jajanan ini digemari oleh anak-anak SD.

7. Cimol

Aci ‘digemol’ atau yang diakronimkan sebagai Cimol adalah jajanan yang berasal dari Tatar Sunda. Jajanan ini memang sering ditemukan di sekolah-sekolah dan biasa dibeli dalam jumlah banyak.

Selain rasanya yang gurih, berbagai taburan bumbu seperti serbuk cabai, balado, jagung manis, dan lainnya membuat Cimol semakin enak disantap. Apalagi jika Cimol disantap dalam keadaan masih panas, tentu akan semakin nikmat lagi.

Itu lah 7 makanan khas sewaktu SD yang sangat digemari anak-anak sekolah pada masanya. Memang masih banyak lagi kuliner-kuliner khas Indonesia khususnya jajanan anak yang sangat populuer. Buat kalian yang penasaran makanan khas dari tiap-tiap daerah di Indonesia bisa kunjungi zonamakan.com untuk daftar kuliner nusantara yang lengkap.