Agar Bisa On Time, Tugas Tidak Terstruktur Harus Punya 3 Poin Ini

Tugas tidak terstruktur seringkali dilupakan oleh siswa. Alasannya, berbeda dengan tugas terstruktur harian atau mingguan, tugas ini tidak memiliki deadline ketat. Jadi, kesadaran peserta didiklah yang harus ditekankan.

Bagaimana Agar Tugas Tidak Terstruktur Bisa Terkumpul Tepat Waktu?

Strategi guru sangat diperlukan untuk memastikan bahwa semua siswa telah berhasil mengumpulkan tugas tidak terstruktur sebelum deadline. Agar hal tersebut bisa tercapai, maka berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh guru.

Buat Jurnal Progres

Jurnal progress dalam proyek sangat penting karena berhubungan dengan analisis dan proyeksi, apakah hasilnya berjalan lancar atau tidak. Dengan jurnal yang terpercinci, maka Anda akan bisa lebih mudah memberikan masukan pada siswa apabila mereka mengalami hambatan.

Lakukan Bimbingan Secara Rutin

Seperti halnya mahasiswa yang butuh bimbingan dalam proyek besar seperti skripsi, tugas tidak terstruktur pun sangat perlu pembimbingan guru. Bahkan, jika diperlukan harus ada waktu untuk koordinasi seputar proyek. Apalagi jika setiap siswa memiliki proyek yang berbeda.

Komunikasikan Pendampingan Dengan Wali Murid

Dengan adanya kerjasama wali murid, pasti pemantauan atas semua pekerjaan siswa bisa semakin maksimal. Itulah mengapa, komunikasi dengan orang tua akan sangat membantu dalam menyelesaikan proyek hingga selesai tepat waktu.

Cek Secara Rinci Laporan Siswa

Jika setiap siswa sudah membuat jurnal akhir atau jurnal progress, maka Anda sebagai guru harus benar-benar melakukan pengecekan secara rinci. Bahkan, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan. Misalnya menandai bagian yang harus diupgrade, memaksimalkan kinerja, dan mempercepat hasil diperoleh. Tentunya, siswa akan lebih mudah memahami konsep yang diterangkan secara rinci.

Kuncinya, guru harus selalu memantau kondisi siswa. Apalagi, setiap siswa memiliki tingkat kerajinan yang berbeda dan tentunya mempengaruhi kinerja. Hubungan dengan orang tua juga bisa dimaksimalkan selama pihak yang bersangkutan proaktif untuk mengikuti perkembangan buah hati.

Baca Juga : Map Raport K13

Dengan melakukan pengecekan secara rinci dan tepat, maka tugas tidak terstruktur akan semakin mudah untuk diakses. Bahkan, Anda juga akan mendapati siswa bisa menyelesaikan laporan secara sempurna, semaksimal kemampuan masing-masing.