Cara Membuat Video Animasi dengan 6 Langkah Berikut!

Pembuatan video animasi adalah tantangan tersendiri, dikarenakan beda dengan pembuatan video biasa. Sedangkan membuat video animasi jauh lebih sulit. Dalam pembuatannya anda harus menyiapkan objek yang nantinya akan dijadikan video terlebih dulu. Tetapi bukannya pembuatan video animasi tidak bisa dipelajari sama sekali. Berikut 6 langkah cara membuat video animasi :

6 Langkah Membuat Animasi Video

cara membuat video animasi

1. Susun naskah terlebih dahulu

Tahap awal kita diharuskan menyusun sebuah naskah. Apa saja syarat yang harus ada didalam sebuah naskah pembuatan video animasi? Untuk memperlancar kita membuat video, pastikan dahulu apa tujuan kita membuat video tersebut. Termasuk apa pesan didalamnya, entah itu bertujuan untuk seseorang dan mungkin tindakan apa yang kita harapkan dari ekspresi penonton nantinya. Dari pernyataan diatas, seharusnya kita sudah paham  untuk mengetahui tujuan untuk membuat video animasi tersebut. Disarankan membuat video animasi yang tidak terlalu rumit agar penonton bisa cepat memahaminya.

2. Membuat Storyboard

Jika kita sudah menyelesaikan pembuatan naskah, kita lanjutkan dengan membuat storyboard. Storyboard adalah gambaran kasar dari perjalanan video itu nantinya. Untuk pemula yang dulunya tidak pernah membuat video animasi, storyboard akan sangat membantu agar seperti apa nantinya jalan video tersebut. Secara sederhana storyboard bisa dibilang mirip dengan komik, storyboard memperkirakan pengambilan gambar.

3. Menentukan Jenis Video Animasi

Banyak jenis video animasi yan bisa kita pilih disini, berikut contoh jenis video animasi yang sering kita jumpai:

  • Animasi 2D

Animasi pertama adalah 2D atau 2 Dimensi, animasi ini sangat sering kali dijumpai dikarenakan relatif mudah dibuat tetapi tetap keren juga.

  • Animasi 3D

Animasi ini menampilkan karakter 3 Dimensi. Beda dengan 2D, karakter dalam animasi 3D ini terlihat lebih nyata atau berbobot.

  • Animasi Whiteboard

Animasi whiteboard ini umumnya sering digunakan untuk media pembelajaran. Ciri-cirinya adalah karakter dalam animasi ini dibuat dalam whiteboard.

  • Animasi Tipografi

Animasi tipografi ini adalah gabungan dari tulisan dan gerakan. Kita bisa menjumpainya dalam animasi pada sebuah video lirik.

  • Animasi Infographic

Terakhir, ada animasi infografik yang berisikan data-data grafik. Biasanya tujuan dari pembuatan animasi ini adalah untuk membuat data-data yang terlihat jauh lebih menarik dan tidak membosankan.

4. Mulai Membuat Video

Selanjutnya, kita melangkah dalam pembuatan video. Kali ini kita mengandalkan kemampuan kita tersendiri. Berbekalkan perangkat komputer, internet yang memadai, dan tentu aplikasi pembuat animasi maupun website yang bisa mendukung kita membuat animasi.

5. Menambahkan Musik

Pada umumnya kita memerlukan musik untuk menyempurnakan projet video animasi kita. latar Musik sering kali menggambarkan suasana yang terdapat dalam video animasi. Penting untuk memfilter audio, dikarenakan banyak audio yang ber hak cipta. Maka dari itu saya sarankan untuk mendownload audio yang bebas hak cipta seperti di Youtube Audio Library, Free Stock Music, dan HookSound.

6. Membuat Narasi Cerita

Untuk tahapan akhir, kita diharuskan menambahkan narasi cerita. Karena akan membantu penonton memberi kesan yang diharapkan. Mungkin kita bisa menambahkan voice over, ia adalah sebuah suara yang ditambahkan kedalam video. Kita bisa membuatnya sendiri maupun memakai jasa yang sudah ahli dalam hal ini.

Penutup

Itulah langkah-langkah cara membuat video animasi, untuk menghasilkan video animasi yang berkualitas tinggi memang memerlukan banyak waktu. Kita harus sering berlatih agar bisa pembuatan animasi menjadi baik. Semoga cara diatas membantuk kamu dalam pembuatan video animasi.