Cara Membuat Video CCP Teks Bergelombang agar Kontenmu Lebih Beragam

Apakah Kamu termasuk orang yang suka edit video untuk story Instagram atau lainnya? Yups, edit video sekarang sudah bukan lagi 'mainan' para profesional saja. Karena membuat video ala profesional saat ini sudah bisa dilakukan cukup dari smartphone saja.

Kali ini, kita akan bahas bagaimana cara membuat video CCP teks bergelombang agar postinganmu semakin beragam dan gak begitu-begitu saja.

Cara Membuat Video dengan Efek Teks Bergelombang di Aplikasi CCP  

cara membuat video ccp teks bergelombang

Kamu yang kekinian pastinya sudah tak asing dengan salah satu aplikasi edit video Cute Cut Pro (CCP) ini kan?

Aplikasi yang terkenal dengan ragam fitur lengkap ini memang tergolong salah satu yang paling mudah digunakan, bahkan oleh pemula yang jarang atau belum pernah edit video sekalipun. Sudah banyak kreator mobile yang mengandalkan aplikasi ini untuk berkreasi dengan video buatan mereka.

Rekomendasi Software Editing Video Terbaik, Simak Postingan Ini

Nah, salah satu elemen yang sedang trend belakangan ini adalah menambahkan teks dengan efek gelombang di dalamnya. Selain membuat teks menjadi lebih kuat menarik perhatian, tentunya efek yang sebenarnya tidak bisa dianggap baru ini cukup menyegarkan.

Ya daripada sekedar teks yang sekedar diam menempel di video saja, kenapa ia tidak digerakkan?

Begini cara membuat video CCP teks bergelombang.

  1. Pastikan Kamu sudah menginstal aplikasi edit video Cute Cut Pro dan aplikasi Mega Photo Pro yang nantinya digunakan untuk membuat efek gelombang pada video.
  2. Berikutnya, buat proyek video baru di CCP menggunakan cara yang sama seperti biasa lalu pilih teks untuk pilihan media videonya. Caranya adalah dengan ketuk ikon Plus (+) kemudian pilih jenis media Text.   
  3. Setelah itu, Kamu bisa membuat tulisan sesuai keinginan atau kebutuhan pada kolom yang disediakan. Tak hanya sekedar tulisan, Kamu juga bisa menambahkan bermacam emoticon untuk lebih menguatkan tulisan. Jangan lupa untuk ketuk ikon tanda centang yang ada di pojok kiri bawah untuk mengonfirmasi bahwa penyuntingan tulisan tersebut sudah selesai.
  4. Setelah tulisan sudah Kamu input, berikutnya adalah menyesuaikan font dan ukuran tulisan agar lebih proporsional atau sesuai dengan preferensi. Untuk melakukannya, Kamu bisa ketuk ganda (2x) di timeline tulisan yang ingin Kamu ubah.
  5. Scroll menu yang ada di bawah sampai Kamu melihat ikon untuk menyunting ukuran tulisan (ikon dengan gambar huruf A) dan ikon untuk mengganti jenis font (ikon dengan gambar huruf F). Saat Kamu ingin menyesuaikan ukuran, ketuk ikon A lalu pilih ukuran yang menurut Kamu sesuai. Begitu pula untuk pilihan font, ketuk kon F dan pilih jenis font yang paling sesuai.
  6. Setelah itu, Kamu bisa mengatur penempatan tulisan pada frame video dengan cara memotong timeline tulisan di menit awal kemudian memunculkannya ke menit tertentu sesuai keinginanmu. Ingat di sini Kamu juga bisa menambahkan musik ke video tersebut dengan cara ketuk ikon Plus (+) kemudian memilih Music untuk melihat pilihan musik yang tersedia.
  7. Setelah dirasa sudah cukup, silahkan Kamu simpan video tersebut untuk proses edit berikutnya dengan cara mengekspornya terlebih dahulu. Sederhana saja, Kamu tinggal ketuk ikon Export lalu pilihlah resolusi video Kamu inginkan, High Quality (720p) misalnya.
  8. Setelah file video tersebut selesai diekspor, berikutnya Kamu bisa mulai mengerjakan edit efek gelombang menggunakan aplikasi Mega Photo Pro.
  9. Silahkan Kamu buka aplikasi tersebut lalu pilih efek gelombang yang bisa Kamu lihat pada halaman slide urutan yang ke-7, tepatnya di pojok kanan bawah.
  10. Berikutnya Kamu bisa menambahkan video CCP yang telah Kamu buat sebelumnya dengan ketuk menu Settings dan pilih Image/Video From Library.
  11. Setelah berhasil ditambahkan, Kamu bisa memilih lagi efek gelombang yang diinginkan sesuai pratinjau (preview) yang ditampilkan oleh aplikasi tersebut. 
  12. Nah, pada saat preview tersebut berjalan, Kamu bisa merekam pratinjau tersebut dengan ketuk ikon Kamera dilanjut dengan menekan ikon Record. Pada saat perekaman preview tersebut selesai, maka video akan tersimpan di galeri ponsel secara otomatis.
  13. Setelah Kamu mendapatkan video dengan efek gelombang dari aplikasi Mega Photo Pro tadi, proses selanjutnya adalah menggabungkannya dengan video sebelumnya.
  14. Buka lagi aplikasi CCP lalu buat proyek video baru.
  15. Masukkan video CCP pertama diikuti dengan video kedua hasil rekaman preview. Kamu bisa menyesuaikan kapan video kedua dimunculkan lengkap dengan musik yang berganti dan sebagainya.  
  16. Selesai, Kamu bisa langsung export hasil video tersebut.

Begitulah bagaimana cara membuat video CCP teks bergelombang untuk unggahan IG ataupun TikTok agar lebih beragam. Sebenarnya, fitur dalam aplikasi CCP sendiri sudah cukup memadai untuk membuat video menarik, namun Kamu masih bisa mengkreasikan lebih banyak ide memanfaatkan fitur dari aplikasi lain salah satunya yaitu Mega Photo Pro tadi. Menarik kan?