Cara Merawat Pohon Kelapa

Kelapa dalam bahasa latinnya adalah cocos nucifera, jenis ini merupakan salah satu tanaman yang banyak dijumpai di kawasan Indonesia. Semua bagiannya bisa dimanfaatkan dari akar sampai daun kelapa, tidak ada yang terbuang percuma. Lalu apa saja teknik merawat pohon kelapa tersebut?

Teknik Merawat dan Budidaya Pohon Kelapa

Untuk membantu meningkatkan produksi kelapa selain diberikan pupuk masih ada banyak hal lainnya yang bisa digunakan untuk membuat pohon kelapa semakin terawat dengan baik. Untuk perawatan sebenarnya hanya membutuhkan penyiraman saat sudah memasuki musim kemarau.

Pertumbuhan Kelapa Berdasarkan dengan Ketinggian

Pernah mendengar pertumbuhan kelapa akan berbeda berdasarkan ketinggian tempatnya. Hal itu ternyata benar adanya. Kelapa yang ditanam pada dataran tinggi dan menengah maka pertumbuhannya akan lebih lambat dibandingkan saat menanam di dataran rendah, catat dan jangan sampai terlewatkan.

Untuk itu bila menginginkan hasil yang lebih cepat Anda bisa mencoba menanamnya di dataran rendah saja. Selain faktor keberhasilan lebih tinggi, mempertimbangkan pula biaya yang sudah dikeluarkan untuk proses penanaman sampai perawatan. Mengingat harga bibitnya saja sudah lumayan mahal.

Pertumbuhan Kelapa Berdasarkan Lingkungan di Sekitar Penanaman Pohon

Selain ketinggian ternyata cuaca dan iklim juga turut mempengaruhi tumbuh kembangnya si pohon dan buah kelapa. Perlu diketahui kelapa akan tumbuh dengan sempurna saat Anda menanamnya di tempat dengan curah hujan maksimal 2300 mm per tahunnya, bahkan akhirnya bisa bertahan lebih dari itu. Tidak hanya curah hujan saja, juga harus memperhatikan suhu sampai kelembapan udara yang pas untuk perkembangan kelapa tersebut.

Persentase tidak sesuai maka hanya akan menjadikan tanaman mudah diserang oleh penyakit dan hama mematikan, untuk itu lakukan konsultasi dengan ahlinya. Itulah beberapa cara budidaya  tanaman kelapa berdasarkan dengan faktor lingkungannya.

Pada dasarnya produksi kelapa di Indonesia sudah maksimal. Hanya saja sampai saat ini Indonesia masih impor barang dari negara lain, semoga dengan ini bisa tersampaikan informasi penting seputar kelapa. Pastikan juga pemilihan bibit yang unggul.

Sumber: https://www.kebun.co.id/