Cara Pengurusan Jenazah Yang Baik Dan Benar, Salah Bisa Tidak Sah

Bagi orang muslim, diwajibkan untuk mengurus jenazah sesegera mungkin. Beberapa kewajiban yang perlu kita lakukan terhadap jenazah adalah sebagai berikut.

  1. mensucikan jenazah atau memandikan jenazah,
  2. kedua mengkafani jenazah,
  3. lalu menshalatkan jenazah,
  4. dan yang terakhir memakamkan jenazah.

Cara pengurusan jenazah yang dijelaskan disini adalah khusus untuk orang yang beragama Islam, jadi tata caranya pasti berbeda dengan mereka yang beragama non muslim.

Pertama adalah tentang bagaimana cara memandikan atau mensucikan jenazah 

Hal yang pertama dilakukan adalah jenazah yang akan dimandikan ditempatkan di tempat yang lebih tinggi.

Lalu diberi basahan, dan dibersihkan dari kotoran dan juga najis. Yang terakhir adalah diwudhukan. Memandikan jenazah yang disunahkan adalah sebanyak 3 kali.

Setelah dimandikan, selanjutnya adalah mengkafani jenazah

Ketentuan penggunaan kain kafan adalah sebagai berikut.

Untuk mayit laki-laki, jumlah kain kafan sebanyak 3 lapis dan untuk mayit perempuan 5 lapis. Kain kafan juga harus bersih dan baik serta dapat menutup aurat.

Kain kafan adalah kain yang berwarna putih. Memberikan wangi-wangian pada kain kafan, penggunaan kain kafan tidak berlebihan, menaburi kain kafan dengan kafir, dan sebaiknya kain kafan yang terbaik diletakkan untuk bagian atas.

Setelah dikafani, selanjutnya jenazah segera dishalatkan

Syarat-syarat shalat jenazah adalah menutup aurat, suci dari najis/hadast, dan menghadap kiblat. Jenazah juga harus sudah dimandikan. Jenazah diletakkan di depan yang mensholatkan kecuali jika shalat ghaib.

Masih mengenai sholat Jenazah berikut adalah tata caranya :

Letakkan jenazah di depan imam sholat. Jika laki-laki, Imam berdiri di hadapan kepala mayit, dan apabila jenazahnya perempuan imam berada di hadapan tengah-tengah mayit.

Kemudian makmum berada di belakang imam. Dalam sholat jenazah, disunnahkan untuk membuat 3 shaf. Selanjutnya imam akan memimpin sholat jenazah sebagaimana yang telah ditentukan oleh agama Islam.

Yang perlu anda ketahui adalah sholat jenazah ini tentunya berbeda dengan sholat wajib yang sering kita lakukan setiap harinya.

Setelah mensholatkan jenazah, selanjutnya adalah menguburkan jenazah

Membawa jenazah yang disunnahkan adalah dengan memanggul di atas pundak dari keempat sudut usungan. Sangat disunahkan untuk sesegera mungkin menguburkan jenazah.

Cara menguburkan jenazah adalah sebagai berikut. Pertama membuat liang lahat dengan lebar 1 meter dan panjangnya 2,25 meter dengan kedalaman satu setengah meter.

Pengurusan Jenazah

Setelah sampai di pemakaman, jenazah diletakkan di liang lahat dengan posisi miring menghadap ke kiblat. Tali pengikat kain kafan dilepas, kemudian pipi kanan dan juga ujung kaki menempel di tanah.

Menutup liang kubur dengan papan atau bamboo sebelum ditimbun. Setelah itu, timbun tanah dan ditinggikan sekitar satu jengkal. Diberi nisan untuk penanda, lalu didoakan.

simak juga artikel tentang tata cara pemakaman di pemakaman San Diego Hills, ada hal yang berbeda dibandingkan dengan jika dimakamkan di TPU,

simak cara pemakaman islam yang katanya sesuai dengan syariat islam di San Diego Hills, lihat di website resminya klik San Diego Hills karawang

Nah, demikian adalah cara pengurusan jenazah yang baik dan benar dalam Islam.