Faktor Internal yang Menyebabkan Seseorang Berjerawat

Jerawat menjadi masalah sejuta umat. Hampir semua orang pernah mengalaminya dan diusik olehnya. Tapi pernahkah kamu bertanya apa faktor yang menyebabkan seseorang berjerawat?

Mengapa ini penting?

Karena jika kamu mengetahui faktor apa saja itu, kamu akan lebih mampu untuk menghadapinya. Sebelum mengetahui cara mengatasi suatu masalah, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa penyebab masalah itu bisa muncul kan?

Lalu apa saja itu?

Ada 2 faktor besar menyebabkan seseorang menjadi berjerawat yaitu faktor internal dan eksternal. Kesempatan kali ini kita hanya akan membahas faktor internal.

obat jerawat paling ampuh

Faktor Internal

Faktor internal berarti faktor yang dipengaruhi oleh apa yang ada di dalam diri seseorang. Kenyataannya ini seringkali menjadi masalah utama mengapa seseorang berjerawat!

Faktor internal dipengaruhi oleh 2 hal yaitu:

1. Gen

Gen adalah kode genetik yang diturunkan oleh orang tua kita. Gen membentuk struktur tubuh seseorang misalnya bentuk wajah, kaki, daya tahan tubuh dan lainnya.

Sebagian orang memiliki warisan genetik yang “mendukung” seseorang menjadi berjerawat dan sebagian sebaliknya.

Orang-orang yang memiliki masalah jerawat yang disebabkan oleh masalah genetik akan jauh lebih sulit untuk ditangani dibandingkan dengan masalah jerawat yang disebabkan oleh faktor lainnya.

Umumnya ini terjadi karena warisan genetik dari orang tua yang mewarisi kulit yang sensitif, berminyak, berpori kecil dan lainnya yang “mendukung” terbentuknya jerawat. Untuk mengetahui apakah jerawat kamu disebabkan oleh faktor ini atau bukan, silahkan konsultasikan ke dokter.

2. Hormon

Hormon adalah senyawa tertentu yang dilepaskan di otak untuk mempengaruhi fungsi dan kerja tubuh kita. Gejolak hormon mengalami perubahan drastis pada saat seseorang menginjak masa remaja.

Itulah sebabnya mengapa seseorang menjadi mudah berjerawat pada saat memasuki masa remaja. Selain karena memasuki masa pubertas, perubahan hormon juga karena seseorang mengalami menstruasi.

Menstruasi menyebabkan perubahan hormon yang dampaknya kulit mudah menjadi berjerawat. Seringkali jerawat yang ditimbulkan tidaklah parah dan tidak begitu banyak.

Penting untuk diketahui apabila jerawatmu tumbuh pada saat menstruasi, jangan memencetnya. Memencet jerawat justru menyebabkan masalah yang lebih besar karena bekas yang ditimbulkannya. Cobalah untuk menanganinya dengan obat jerawat paling ampuh tanpa memencet dan menyentuhnya.