Herbal untuk Anak-anak

Olahan obat-obatan dari ramuan herbal telah dikenal ampuh untuk mengobati beragam penyakit. Pada masa kini, banyak orang tua lebih memilih pengobatan modern untuk masalah kesehatan anak. Pengobatan modern dengan obat-obat kimia cenderung memiliki efek samping yang seringkali terabaikan. Ada baiknya Anda mengajak si kecil mengenal obat-obatan herbal sebagai alternatif pengobatan alami yang aman dari efek samping.

Tanaman herbal untuk kesehatan anak

Ada banyak herbal yang bisa anda manfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan anak. Mulai dari jahe yang berguna mengatasi masalah kesehatan seperti batuk, flu, masalah pencernaan. Jeruk nipis dan lemon yang berfungsi sebagai detox racun, pencahar batuk, serta asupan vitamin c. Buah pepaya memiliki kemampuan melancarkan buang air besar, selain itu juga menambah nafsu makan anak.

Herbal  Anak-Anak

Sayur-sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kacang polong bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan pencernaan. Sayuran berwarna kuning dan merah seperti wortel, tomat, paprika, jagung, dan blewah mengandung karotinoid yang bermanfaat untuk mata si kecil.

Jika anak Anda terserang flu, anda bisa memberinya apel merah, kembang kol, dan pisang sebagai herbal alami. Apel merah mengandung flavonoid, vitamin c , dan serat yang bagus untuk mengisi perut si kecil. Kembang kol juga mengandung mineral-mineral yang berfungsi memperbaiki membran sel yang rusak akibat virus. Anda bisa membuat sup ayam dengan kembang kol dan jahe untuk meredakan flu. Buah pisang mengandung potasium dan triptofan yang membantu menenangkan otak, membantu agar anak lebih mudah tidur.

Membuat herbal yang disukai anak

Masalahnya, anak sering susah jika kita memberinya obat-obatan herbal. Entah karena rasanya, atau karena alasan lain. Anda sebagai orang tua harus mencari cara agar anak lebih mudah mengkonsumsi tanaman-tanaman herbal ini.

Untuk sayuran, anda bisa mencampurnya ke dalam sop. Sop ikan atau ayam bisa menjadi alternatif yang enak dan nyaman untuk dikonsumsi anak. Perlu anda perhatikan, jangan memasak sayuran terlalu lama agar tidak menghilangkan kandungan gizi dan manfaatnya.

Untuk buah, anda bisa memberikan sepiring potongan buah beraneka ragam. Hal ini bertujuan agar anak tidak jenuh dengan buah-buahan yang sama. Seporsi buah buahan berisi pisang, apel, dan pepaya baik untuk kesehatan pencernaan anak, serta mencukupi kebutuhan vitaminnya.

Baca juga: Produk Kesehatan Nasa

Akar-akar dan rimpang seperti jahe, kunyit, dan temulawak memiliki beragam manfaat yang tidak boleh anda lewatkan. Parutan beberapa rimpang ini bisa ditambahkan pada jus buah atau dicampur dengan madu agar anak anda bisa merasakan manis madu dibalik rasanya. Madu bisa menjadi campuran pemanis alami yang tepat dan menyehatkan untuk jus jeruk atau lemon ketika anak anda terserang flu.

 

Jadi, dibanding dengan obat-obat dokter yang cenderung memiliki efek samping, herbal-herbal yang telah alam sediakan lebih aman untuk anak anda.