Hitung Biaya Sewa Bus Pariwisata, Segini Ternyata Jumlahnya!

Berencana untuk sewa bus pariwisata? Baik untuk rencana liburan atau perjalanan wisata antar kota maupun provinsi, tentu adalah rencana tepat. Pasalnya, dengan menyewa bus maka perjalanan bisa jadi lebih nyaman dan praktis. Meskipun begitu, sebelum Anda menyewa bus tersebut, ada salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan. Di mana hal tersebut adalah masalah biaya sewa.

Lantas, bagaimana cara menghitung biaya sewa bus untuk pariwisata dan perjalanan lainnya? Berikut ini adalah rincian biaya yang harus Anda keluarkan ketika akan menyewa bus. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

Biaya DP plus Sewa Keseluruhan

Biaya yang pertama tentunya berhubungan dengan masalah DP atau uang muka. Tentunya ketika Anda mendatangi pihak penyedia jasa sewa bus pariwisata, baik untuk booking atau apapun, akan dimintai uang muka sebagai tanda bahwa Anda benar-benar akan memesannya. Pasalnya, ketika proses booking ini dilakukan, maka pihak penyedia jasa akan menandai tanggal yang sudah Anda tentukan. Dengan begitu, pihak penyedia jasa tidak akan menyewakan bus yang akan Anda sewa di jadwal tersebut.

Ketika Anda sudah memastikan untuk memesan, ada biaya DP yang harus dibayar. Biasanya sekitar 25% dari keseluruhan sewa bus. Misalnya saja Anda akan menyewa mini bus dengan harga Rp 1 juta. Maka uang muka yang harus dibayar adalah Rp 250 ribu. Sementara untuk biaya pelunasannya, biasanya harus dilakukan 1 minggu sebelum keberangkatan. Atau, Anda juga bisa langsung membayar total tanpa harus DP.

Tip Driver atau Kondektur

Ketika Anda sewa bus pariwisata, tentunya akan sekaligus dengan supir dan kondektur bus. Karena, sangat tidak mungkin jika Anda harus mengendarai busnya sendiri, bukan? Meskipun pada dasarnya, biaya supir kadangkala sudah termasuk di harga sewa, namun tetap saja, adalah hal yang etis jika Anda bisa memberi tip atau uang lebih kepada pihak driver maupun kondektur.

Anggap saja bahwa uang tersebut merupakan tanda terima kasih Anda karena sang supir sudah mau direpotkan. Apalagi jika dirinya selalu bersikap baik dan tidak pernah mengeluh ketika bekerja. Untuk jumlah tip tentunya tergantung pemberian Anda. Namun, biasanya berkisar mulai Rp 50 ribu. Bisa disesuaikan juga dengan lamanya perjalanan atau jarak yang ditempuh. Pun sesuai dengan kebijakan diri Anda sendiri.

Biaya Tol

Selain tip untuk sopir maupun kondektur, rupanya biaya tol pun harus diperhatikan ketika berencana untuk sewa bus pariwisata. Terlebih jika Anda akan menyewanya untuk perjalanan ke luar kota. Untuk biaya tol yang disiapkan tentunya tergantung pada tarif tol sendiri. Anda bisa melihatnya langsung ketika nanti di perjalanan. Namun, ada juga beberapa pihak penyedia jasa sewa bus yang sudah membebaskan biaya tol tersebut. Dalam artian, harga sewa yang Anda bayar sudah termasuk dengan biaya tol juga.

Tiket Masuk Wisata

Perlu diperhatikan bahwa ketika Anda menyewa bus pariwisata, bukan berarti Anda bisa berwisata dengan mudah tanpa harus membayar tiket. Beberapa orang ada yang salah paham, bahwa bus pariwisata inilah yang juga akan menanggung tiket masuk. Padahal, tidak demikian. Jika Anda hanya menyewa busnya saja, tentu ketika Anda akan memasuki area wisata harus membayar sendiri.

Kecuali jika Anda memang memilih perusahaan penyedia jasa sewa bus yang juga menyediakan layanan wisata juga. Biasanya, tiket masuk tempat wisata tertentu akan sekaligus di cover dan disatukan dengan biaya sewa busnya. Bagaimana pun, mengetahui biaya sewa bus pariwisata dan biaya-biaya lainnya sangat diperlukan. Agar Anda bisa mempersiapkan masalah biaya ini dengan sebaik mungkin.