Informasi Tentang Kepulauan Raja Ampat

Rangkaian dari empat gugusan pulau pulau yang berekatan dan berlokasi di bagian barat  bagian Kepala Burung Pulau Papua. Berada di bawah urusan dari Kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat. Untuk saat ini, daerah yang indah dan masih begitu alami dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah dan dijadikan sebagai daerah yang dilindungi oleh pemerintah karena masih alami. Kepulauan raja ampat ini memiliki empat pulau yang paling besar yaitu pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. rasakan bedanya jika anda berlibur menggunakan peyedia paket wisata raja ampat profesional dan terpercaya.

Asal muasalnya berasal dari mitos yang beredar di masyarakat sekitar yang nama dari Raja Ampat ditemukan dari seorang wanita yang menemukan 7 butir telur. Empat butirnya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing masing menjadi raja yang berkuasa di Walgeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Untuk tiga telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. Dengan keindahan dan pesona dari kepulauan raja ampat, kini banyak sekali wisatawan asing dari seluruh dunia berkunjung kesini untuk menikmati pemandangannya atau menyelam melihat pesona alami dari laut di kepulauan tersebut. Walau letaknya di barat laut Pulau Papua, tepatnya di Sorong, tempat ini menjadi favorit para pecinta olahraga menyelam sejak awal 2000-an. Raja ampat memiliki keistimewaan karena didalamnya terdapat sesuatu yang indah dan sangat digemari untuk dikunjungi para wisatawan.

Di kepulauan raja ampat terdapat hutan amazon yang berada di bawah laut. Para penyelam bisa menjumpai Papuan Epaulette sehingga hiu karpet, kuda laut jenis pigmy yang besarnya seperti jari kelingking hingga ikan besar dengan bentang  sayap mencapai lima meter. Banyak satwa satwa bawah laut yang dapat anda temui di lokasi wisata kepulauan raja ampat ini. Tempatnya memang cukup jauh, akan tetapi terdapat suatu pengalaman yang sangat jarang ditemui ditempat lain yang ada di daerah lainnya karena keunikan dan ciri khas tersediri dari kepulauan raja ampat ini sendiri. Perpustakaan tentang hidup koleksi terumbu karang dan biota laut yang ada diseluruh dunia kebanyak bisa anda jumpai di sini karena masih alami dan belum tersentuh oleh banyak tangan manusia dan masih dijaga kelestarian alamnya.

Kecantikan tentang kepulauan Raja Ampat mulai tersebar luas menuju seluruh dunia pada tahun 1990 oleh penyelam berkebangsaan Belanda bernama Max Ammer mengunjungi kawasan ini. Tujuan pada awalnya adalah menelusuri keberadaan pesawat dan kapal yang digunakan dalam perang dunia II yang diperkirakan karam di kawasan ini. Ternyata saat Max melihat suasana dari lokasi Raja Ampat ini, dia begitu terpesona dengan banyaknya biota di raja ampat dan mengajak seorang ahli perikanan yang bernama Gerry Allen yang berkebangsaan Australia, untuk mengecek dan mengadakan survei di tempat ini.