Ini Dia 7 Cara Tepat Menangani Penyakit Asma yang Tiba-Tiba Kambuh!

Asma merupakan salah satu penyakit gangguan fungsi pernapasan yang terbilang kronis. Pasalnya, asma bisa kambuh kapan saja dan dimana saja. Untuk menangani asma yang kambuh, ada beberapa penanganan yang mungkin bisa kamu lakukan, salah satunya memakai Inhaler.

Apa sih Inhaler itu? Inhaler merupakan obat-obatan anti-inflamasi yang  bisa mengatasi asma yang kambuh dengan cepat. Selain menggunakan inhaler, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menangani asma. Cara ini sangat menolong disaat kamu tidak membawa atau tidak mempunyai inhaler. Berikut ulasannya.

Ambil Posisi Duduk Tegak

Saat dadamu mulai terasa sakit dan sesak, segera hentikan aktivitasmu. Langsung ambil posisi duduk dengan tegak. Hindari posisi berbaring karena dapat menghalangi jalannya pernapasan  yang membuat asma semakin parah.

Ini Dia 7 Cara Tepat Menangani Penyakit Asma yang Tiba-Tiba Kambuh!

Ambil Napas Panjang

Ketika asmamu kambuh, cobalah ambil napas panjang . Perlahan tarik napas dalam-dalam melalui hidung kemudian buang melalui mulut. Lakukan secara perlahan agar napasmu bisa kembali normal.

 

Tetap Tenang

Jangan langsung panik ketika penyakit asma datang menyerang. Tetaplah dalam kondisi tenang supaya otot dada menjadi tidak semakin kencang. Otot dada yang kencang bisa membuat dadamu terasa semakin sesak sehingga jadi sulit bernapas. Cobalah untuk tetap dan jangan pernah berpikir sesuatu buruk.

 

Mengkonsumsi Minuman Hangat atau Madu

Minuman hangat terbukti bisa menenangkan penderita asma yang kambuh. Salah satu minuman hangat yang baik dikonsumsi ketika asma menyerang ialah kopi. Kandungan kafein pada kopi dapat mengendurkan saluran udara sehingga penderita merasa lebih tenang dan nyaman. Selain minuman hangat, penderita asma bisa mengkonsumsi madu. Di dalam madu terdapat kandungan antimikroba dan anti-inflamasi yang baik dikonsumsi penderita asma.

 

Menjauhi Penyebabnya

Kambuhnya asma bisa dipicu oleh banyak hal, dan tentunya penderita asma sudah harus mengetahuinya. Kambuhnya penyakit asma bisa disebabkan  banyak hal, mulai dari asap rokok, bau bahan kimia, polusi udara, cuaca dingin, emosi, dan sebagainya. Hal-hal seperti itulah yang wajib kamu hindari.

 

Mewaspadai Cuaca Dingin ataupun Terlalu Panas

Kondisi cuaca yang dingin ataupun yang terlalu panas berkemungkinan bisa menyebabkan peradangan saluran pernapasan sehingga membuat sesak napas.

 

Segera Cari Bantuan Medis

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan apabila asma tidak bisa ditangani menggunakan cara-cara sebelumnya ialah segera meminta bantuan medis agar bisa dilakukan penanganan  lebih lanjut.

Nah itulah 7 cara tepat yang bisa coba kamu lakukan untuk menangani asma yang kambuh, terlebih jika kamu tidak membawa atau tidak mempunya inhaler. Kunjungi blog kesehatan synergyofficial.co.id/. Semoga bermanfaat ya!