Internet Di Indonesia Terbilang Mahal Dan Lambat, Ini Alasannya

Harga internet di Indonesia masih terbilang mahal, dan kecepatan Internetnya juga sangat lambat dan itu yang membuat banyak pengguna yang mengeluhkan tentang hal ini. Mengapa internet di Indonesia lambat serta terbilang mahal berikut ini adalah alasan,

Membutuhkan infrastruktur yang mahal

Untuk jaringan internet memerlukan infrastruktur yang mencukupi mulai dari kabel hingga tower dan masih banyak bahan-bahan yang lain. Dan untuk membangun infrastruktur yang terbilang bagus itu tentu biaya yang akan dikeluarkan  tidak sedikit,  itu penyebab lambatnya internet di Indonesia karena infrastruktur yang tidak memadai. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang terbilang tinggi maka, pengguna internetnya pun juga tinggi tetapi tidak dibarengi dengan infrastruktur yang yang sesuai.

Website luar negeri yang mahal

Website seperti Google, YouTube dan berbagai situs media sosial lainnya yang berbau internasional akan membutuhkan biaya yang lebih mahal, berlangganan koneksi internasional 1 Mpbs mencapai harga 100 dolar. Dan yang lebih mengejutkan, harga server lokal  juga ternyata lebih mahal dan oleh karena itulah para pengusaha digital website lokal lebih banyak memilih untuk memakai server luar negeri.

Kondisi geografis yang mempengaruhi biaya infrastruktur

Faktor geografis di Indonesia tidak memadai karena harus memiliki infrastruktur yang lebih maju lagi karena letak geografis Indonesia. Sebagai contoh sebuah perusahaan provider internet yang ingin mendirikan Tower baru apakah transportasi menuju ke sana sudah dapat dilalui oleh kendaraan proyek, apakah energi listriknya juga telah mendukung. Ternyata di Indonesia masih banyak lokasi yang minim infrastruktur sehingga membangun fasilitas internet membutuhkan biaya yang lebih tinggi lagi, yang akhirnya berpengaruh pada tarif internet per daerah.

Penggunaan frekuensi yang tinggi

Biaya hak penggunaan frekuensi atau BHPF adalah biaya wajib setor kepada pemerintah  untuk semua penggunaan frekuensi entah itu Radio, Internet ataupun televisi. Besarnya jumlah BHP ditentukan dengan kapasitas Bandwidth pada setiap provider.

Indonesia masih ada koneksi yang lebih lambat

Di Indonesia memang masih perlu banyak memperbaiki kecepatan internet agar tidak tertinggal dari negara-negara, tetapi ternyata masih ada di negara lain seperti Suriah dan Libya yang kecepatannya hanya 1,1 mbps.

     Perkembangan internet di Indonesia masih terbilang tinggi walaupun tergolong lambat dan juga mahal. Tetapi bukan alasan bahwa anda tidak dapat mendapatkan penghasilan online jika memiliki koneksi yang lambat karena di blog juraganonline.net ini telah membahas bagaimana internet bisa menghasilkan uang. Selamat mencoba.