Jenis Dan Ragam Pasta Sablon Yang Cocok Untuk Kaos

Saat ini, bisnis sablon kaos atau distro mulai banyak digandrungi oleh anak muda. Pasalnya jenis sablon kaos ini memiliki banyak pilihan desain dan tentu saja menarik. Untuk itu, jika anda berencana terjun ke dunia ini atau sekedar ingin memesannya melalui konveksi kaos, tentu saja anda harus paham jenis sablon apa saja yang tersedia. Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa jenis sablon yang banyak diminati.

pasta rubber

Jenis Sablon Kaos yang Banyak Digunakan

1. Sablon DTG

Sablon DTG adalah jenis sablon yang memakai digital printer untuk menyablon langsung pada kain, seperti namanya sendiri yakni Direct To Garment. Kelebihan dari jenis sablon ini adalah adanya banyak pilihan warna serta desainnya yang mudah disesuaikan dengan keinginan anda. Jika ingin mencetak kaos dalam jumlah yang sedikit, tentunya sablon dengan teknik ini bisa diandalkan karena harganya yang ekonomis.

2. Sablon Manual

Sablon manual merupakan jenis yang  sering digunakan dalam industri konveksi kaos. Hal tersebut dikarenakan jenis ini memiliki beberapa kelebihan seperti peralatan yang sederhana, kualitasnya terjamin, bisa mencetak dalam jumlah banyak dan harganya yang terjangkau. Dengan begitu, maka hasil desain kaos yang dihasilkan akan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Rubber

Jenis sablon ini juga bisa dikenal denga istilah Karet GL. Bahan dasarnya sendiri merupakan karet yang memiliki tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi. Sablon rubber biasanya paling banyak digunakan untuk menyablon dengan jenis kain berwarna gelap dikarenakan tingkat kepekatannya yang bagus. Kelebihannya, jenis sablon ini memiliki harga yang relatif murah, dan juga awet serta mudah disetrika.

4. Pigment

Sablon ini merupakan jenis sablon yang menggunakan tinta sebagai bahannya. Tinta sablon tersebut nantinya akan meresap ke dalam serat kain kaos. Untuk mengaplikasikannya, tidak semua kaos bisa menggunakan jenis pigment ini. Umumnya, pigment hanya bisa digunakan untuk menyablon pada jenis kaos yang berwarna terang saja. Tentunya untuk sablon pigment, anda bisa menggunakan jasa konveksi kaos yang terpercaya.

5. Plastisol

Sablon yang terbuat dari minyak atau PVC ini merupakan jenis sablon yang mempunyai daya rekat yang sangat kuat. Sehingga plastisol menjadi salah satu jenis sablon yang mempunyai harga relatif mahal karena memiliki beberapa kelebihan yakni dapat mencetak dot atau raster dengan ukuran yang sangat kecil. Serta, untuk mengeringkannya dibutuhkan suhu minimal 160 derajat. Untuk itu, sablon ini membutuhkan alat khusus untuk mengeringkannya.

6. Flocking

Sablon dengan jenis ini biasanya pada prosesnya akan ditambahkan bahan seperti beludru untuk membuat lapisan permukaan kain timbul. Nantinya proses sablon ini akan disatukan dengan perekat tertentu. Ada dua jenis bahan yang biasa digunakan oleh konveksi kaos, yakni lembaran dan bubuk. Untuk yang berjenis lembaran, akan dibutuhkan mesin pres untuk merekatkan sehingga akan menghasilkan daya rekat yang kuat.

Selain jenis tersebut, ada pula jenis lain yang biasa digunakan untuk menyablon kaos seperti sablon glitter, sablon glow in the dark dan sablon polyflex yang saat ini banyak dibicarakan para pegiat sablon karena cukup diminati oleh banyak orang. Tentu saja, bisnis sablon ini bisa dibilang menjanjikan karena anda dapat memilih desain sesaui dengan yang anda inginkan.