Jenis-jenis Mimbar Masjid yang Unik di Indonesia

Mimbar selalu menjadi ciri khas pada masjid di seluruh Indonesia, terlebih pada ornamen masjid yang terkenal desain orientalis dan menyatu pada budaya di Indonesia. Apalagi saat ini makin banyak membuat mimbar masjid di setiap kota, hal ini menjadikan mimbar masjid selalu menjadi pilihan utama dalam masjid. Masjid besar, masjid raya dan masjid lainnya yang terkenal sekalipun menggunakan mimbar yang tak kalah megahnya dengan masjid di seluruh dunia.

Masjid di Indonesia terkenal dengan arsitektur yang menganut pada budaya sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya akulturasi yang terjadi di masa silam ketika Islam masuk di tanah Nusantara. Contoh pada masyarakat Jawa yang terkenal dengan ornamen yang mirip dengan kraton pada umumnya, apalagi saat ini masyarakat Jawa masih menganut pada adat yang dipegangnya.

mimbar masjid

Keunikan muncul ketika kami menelusuri beberapa masjid yang ada di bentangan Nusantara ini, dengan gaya oriental dibalut dengan ornamen menarik. Kubah masjid yang begitu indahnya, pelataran yang ciamik serta satu lagi yang sangat memukau yang ditemukan oleh kami, yakni keberadaan mimbar masjid yang beragam corak. Hal ini membuat kami bertanya-tanya, apa saja corak atau jenis mimbar yang dipakai oleh masjid di seluruh Indonesia?

Ragam Mimbar Masjid yang Unik dan Mengandung Keluhuran :

Mimbar Relief Solo

Mimbar ini dibuat oleh pengukir asal Solo yang kebanyakan menganut pada budaya Jawa. Apalagi kebanyakan masjid di daerah Solo, Surakarta dan sekitarnya tergolong menganut pada masa Turki Utsmani dan Kraton Surakartan. Ada berbagai sisi yang unik dari keberadaan mimbar ini, yakni ukiran kayu dari kayu jati dengan lapisan yang beragam, seperti duco, emas dan ada juga yang menggunakan besi sebagai pinggiran mimbar.

Mimbar masjid yang terkenal di daerah Solo dan sekitarnya adalah pada masjid raya di sekitar kota Solo dan Surakarta. Menggunakan paduan ala Dinasti Arab zaman dulu dan ukiran yang mengandung relief membuat mimbar ini terlihat sempurna untuk dipandang. Masjid yang menampung ratusan jamaah ini sangat memikat hati masyarakat yang berkunjung ke sana.

Mimbar Ukir Jepara

Selain gaya Solo, mimbar di daerah Jawa juga memiliki corak lainnya yakni ukiran Jepara yang terkenal dan dipakai di masjid Kudus, Jepara dan sekitarnya. Hal ini menandakan bahwa motif mimbar di daerah Jawa masih tergolong banyak dan mayoritas menggunakan gaya Kraton. Bagi Anda yang menyukai arsitektur ala Jawa, maka mimbar ukiran Jepara ini menjadi pilihan utama.

Mimbar Marmer

Satu lagi mimbar masjid yang paling disukai oleh masyarakat modern saat ini, yakni keberadaan mimbar yang terbuat dari marmer. Terkesan megah dan super mewah dengan hiasan marmer yang diukir sedemikian rupa, membuat masjid yang memiliki mimbar marmer ini menjadi elegan dan tentunya menjadi daya tarik bagi jamaah yang beribadah di masjid tersebut.

Adapun jenis mimbar yang terkesan unik dan menarik tetapi kami hanya menemukan mayoritas masjid yang menggunakan jenis tersebut. Masih banyak sekali mimbar yang masih kami telusuri, tentunya ini menjadi daya pikat untuk masyarakat yang mendambakan masjidnya memberi kesan indah dan unik untuk dikunjungi. Pada artikel ini pula kami memberikan nuansa estetik dan menjadi semangat untuk beribadah di masjid.