Jenis-jenis Motif Pada Kain, Wajib Kamu Tahu

Kain menjadi bahan utama dalam pembuatan sebuah busana. Pemilihan busana seseorang ketika menghadiri sebuah acara menjadi sangat penting. Kesan yang tampil dalam busana yang ditampilkan mampu memberi dampak pada kita yang mengenakannya. Untuk itu, mengerti soal jenis motif dan penggunaannya sepertinya menjadi hal yang perlu diketahui.

Ini dia beberapa jenis motif yang ada pada kain industri tekstil yang harus kamu ketahui. 

Motif Polkadot

Motif dengan aksen bulatan sebagai gambar unggulannya adalah polkadot. Berbetuk seperti barisan titik-titik berbentuk bulatan yang mampu menghiasi kain sehingga lebih tampak ramai. Motif ini banyak juga di sukai kaum hawa. Dress dan baju santai wanita banyak menggunakan motif ini. Sehingga pakaian polkadot cocok untuk acara-acara santai atau casual.   

Kotak-kotak 

Bagaimana dengan motif geometris berbentuk kotak-kotak? Sepertinya masing-masing dari Anda pernah melihatnya. Pada sarung misalnya. Tidak hanya sarung, banyak juga kemeja yang hadir di pasaran dibuat dengan motif ini. motif sederhana yang cukup tegas dan menjadikan pemakainya tampak rapi dan menawan. Kain dengan motif ini banyak dijadikan pakaian formal dan kasual, tergantung bahan pembuatnya saja. 

Floral 

Pakaian  dengan aksen gambar berupa bung, dedaunan, ranting dan sebagainya termasuk dalam kategori ini. kain motif floral cenderung ramai dan banyak warna. Kesan ceria pada baju motif floral cocok digunakan untuk kegiatan-kegiatan atau acara yang lebih aktif dan menyenangkan. Saat liburan, jalan-jalan atau menghadiri pesta juga bisa.

kain printing, motif kain

Binatang

Dengan gambar lucu hewan yang dibuat seperti animasi atau kartun, motif ini banyak digunakan untuk kain anak-anak yang lucu. Tidak hanya itu, banyak juga motif faunal yang cocok digunakan untuk orang dewasa seperti kupu. Bahkan motif binatang tidak hanya dijadikan versi imutnya, beberapa kaos atau batik ada juga yang menerapkan motif hewan yang tampak sangar sehingga banyak digunakan kaum adam sebagai pakaian keseharian mereka.

Batik

Orang Indonesia mana yang tak kenal dengan motif kain yang satu ini. Beberapa daerah di tanah air bahkan memiliki motif kain tersendiri yang jadi motif khasnya. Seperti motif batik mega mendung dari Cirebon, jlamprang dari pekalongan, dan masih banyak lagi. Batik memberi kesan klasik yang sarat akan nilai seni yang tinggi. Kain jenisini cocok untuk digunakan dalam acara formal, semi formal bahkan santai. Bahkan mereka yang ada di instansi menjadikan kain ini sebagai seragam identitas mereka. Konveksi baju Surabaya banyak menyediakannya untuk Anda yang butuh menjadikan batik sebagai seragam kerja atau yang lainnya.

Garis-garis

Jenis motif pada kain berupa garis-garis juga tidak pernah lekang oleh waktu. Meski sederhana, motif bergaris dapat membantu Anda dalam berpenampilan. Pemilihan kain dengan motif garis horizontal dapat memberi kesan tubuh yang lebih berisi bagi si pemakai. Sedangkan motif kain atau baju dengan garis vertikal mampu membantu pemakainya tampah lebih ramping dari sebenarnya. Dengan penggunaan motif seperti ini, ilusi mata orang lain akan dapat menangkap kesan semu yang dapat menyamarkan keadaan sebenarnya. Jadi sepertinya motif kain berbaris patut menjadi salah satu koleksi bagi Anda yang belum memiliki tubuh proporsional. 

Abstrak

Motif pada kain yang satu ini tidak beraturan atau lebih bebas. Kain dengan motif abstrak memiliki gambar yang tidak berpola sama sekali. Namun gambar tidak terkonsep inilah yang jadi daya tariknya. Motif abstrak bahkan dapat ninilai memiliki nilai seni tinggi karena setiap orang punya penafsiran sendiri-sendiri di balik makna motif ini.  

Motif ini banyak digunakan pada pakaian-pakaian kasual seperti kaos. Seperti link berikut : https://najwan-garment.com/jasa-sablon-kaos-surabaya-murah-banget/ bisa Anda kunjungi untuk menemukan jasa sablon kaos Surabaya untuk kebutuhan kaos Anda. Dari beberapa motif kain di atas, mana yang belum masuk menjadi koleksi Anda?