Kerajinan Limbah Kayu Mebel

Kerajinan adalah suatu kegiatan membuat suatu barang dengan tangan yang memiliki fungsi estetika yang tinggi dan sebagai hiasan atau pajangan. Dalam membuat kerajinan membutuhkan keterampilan dan skill khusus dalam membuatnya.

Banyak kerajinan yang dihasilkan dari limbah kayu untuk dibuat produk yang lebih bermanfaat, hal ini disebabkan banyaknya limbah kayu hasil produksi mebel. Agar limbah ini bisa bermanfaat dan tidak terbuang percuma, sangat perlu di daur ulang menjadi sebuah kerajinan yang bisa mendapatkan nilai ekonomi lebih.

Di kota jepara yang merupakan pusat mebel dunia, limbah kayu mebel dimanfaatkan sebagai produk kerajinan yang cantik dan menarik untuk dimiliki. Banyak produk berhasil dibuat oleh tukang kayu yang kreatif dari limbah kayu ini dengan berbagai model dan desain. Memanfaatkan limbah merupakan salah satu cara dari industri Mebel Jati Jepara agar menambah jenis barang dan hiasan yang bisa dijual.

Berikut hasil kerajinan limbah kayu mebel jepara :

1. Miniatur Mobil / motor

Di jepara sendiri banyak tukang kayu yang membuat produk miniatur ini dengan bahan kayu jati hasil limbah dari produksi mebel. Berbagai miniatur mobil seperti mobil vw, dan juga motor vespa banyak dibuat dengan produk yang mirip seperti aslinya.

2. Jam Dinding / Jam tangan

Saat ini lagi trend jam dengan bahan kayu, jam dinding dari bahan kayu limbah dibuat dengan memanfaatkan sisa kayu, jadi untuk desain banyak model yang berbeda dari setiap produknya, di situlah keunikan dari kerajinan kayu dari limbah.

3. Miniatur Kapal

Salah satu ciri khas kerajinan dari mebel jepara adalah kapal pinishi, dari yang berukuran kecil sampai ukuran besar banyak sekali ditemukan di toko kerajinan jepara. Kebanyakan bahan bakunya kayu jati limbah dengan finishing walnut.

4. Talenan

Dengan bahan baku kayu yang keras dan kuat seperti kayu jati dan kayu sonokeling, cocok sekali dibuat sebagai talenan kayu dengan model model terbaru yang disukai oleh ibu ibu hits yang  suka memfoto ruang dapurnya.

5. Sendok, Mangkok, Piring

Banyak cafe dan resto menyajikan makanannya dengan piring dan mangkok dari kayu, ini trend yang kembali ke alam, dan serta dalam proses pemasaran pemotretan menu, kebanyakan menggunakan produk dari kayu agar lebih menarik.

Apabila anda memiliki keterampilan bisa membuatnya sendiri, namun bila tidak punya dan ingin memiliki bisa membelinya secara offline maupun online yang banyak dijual di berbagai toko furniture mebel jepara. Diatas juga hanya beberapa kerajinan dari limbah kayu yang dibuat, sebenarnya masih banyak produk lainnya, namun bila dijelaskan bisa gak selesai artikel ini dalam waktu singkat.