Mau Sewa Kipas Blower? Jangan Salah, Ini Bedanya Misty Fan dengan Kipas Lainnya

Sewa kipas blower banyak digemari oleh masyarakat khususnya yang akan mengadakan acara-acara besar. Terlebih jika acara tersebut diadakan secara outdoor atau di luar ruangan. Pada dasarnya, kipas blower yang sering disebut dengan kipas embun ini memiliki kekuatan dan tekanan yang lebih besar dibanding kipas lainnya. Sesuai namanya yakni kipas embun, kipas ini akan mengeluarkan cipratan embun untuk menambah kesegaran di lingkungan.

Jenis Kipas Angin

Seperti yang diketahui, di masyarakat banyak sekali alat pendingin suhu atau ruangan. Meskipun begitu, kadang kala masyarakat masih bingung mengenai sewa kipas blower ini dan perbedaannya dengan kipas lain. Sebelum Anda mengetahui perbedaannya, simak beberapa jenis kipas berikut ini:

  • Kipas Angin Biasa

Jenis alat pendingin suhu ruangan yang pertama adalah kipas angin. Pastinya sudah tidak asing bukan dengan kipas yang satu ini? Di rumah-rumah pun pastinya akan sering menemukan alat tersebut. Dari segi kinerjanya, kipas angin akan menghasilkan hembusan angin yang dihasilkan dari perputaran baling-baling. Meskipun suhu ruangan tidak berubah dingin dengan cepat, namun penggunaan kipas angin ini bisa mengurangi suhu ruangan yang cukup panas.

  • AC

AC atau Air Conditioner merupakan alat pendingin suhu ruangan yang banyak digunakan masyarakat, khususnya di daerah perkotaan. Pada dasarnya, AC bekerja dengan mengeluarkan hawa dingin agar hawa panas di ruangan bisa terserap. Sistem pertukaran ini tidak jauh berbeda seperti pada kulkas atau freezer di mana menggunakan teknologi refrigeran.

  • Air Cooler

Sama-sama bisa membuat suhu udara di ruangan jadi lebih dingin, namun dari sestem kinerjanya terdapat perbedaan. Untuk membuat air  cooler bekerja, harus memanfaatkan air sehingga suhu di udara bisa jadi lebih dingin. Pada kinerjanya, alat ini akan menghasilkan cipratan-cipratan air beserta udara dingin seperti hembusan angin ke semua ruangan. Dengan begitu, ruangan yang semula panas bisa berubah jadi dingin.

  • Kipas Blower/ Misty Fan

Jenis alat pendingin ruangan selanjutnya adalah misty fan. Meskipun pada dasarnya kipas blower ini sering digunakan pada luar ruangan atau outdoor. Dari segi sistem kerja, tidak jauh beda dengan air cooler karena membutuhkan air. Namun, ketika alat bekerja untuk mendinginkan udara dengan mengeluarkan cipratan uap air atau embun karena tekanan dan kecepatan baling-balingnya sangat tinggi. Tak heran, banyak masyarakat sewa kipas blower ini ketika ada acara outdoor.

Perbedaan Misty fan dan Kipas Lainnya

Dengan mengetahui penjelasan tentang beberapa jenis kipas atau pendingin ruangan, tentu Anda bisa melihat bahwa jenis pendingin ruangan ini sangat variatif. Meskipun pada dasarnya punya fungsi yang sama, namun semuanya punya perbedaan di setiap jenisnya. Dari mulai tempat penggunaan, hingga pendinginan yang bisa dilakukan maksimal dan tidak.

Untuk jenis kipas angin biasa, air cooler, terlebih AC semuanya bisa digunakan di dalam ruangan. Bahkan khusus untuk AC hanya bisa digunakan di dalam ruangan. Ketika ruangan terbuka saja, maka kinerjanya akan tidak optimal dan suhu pun tidak kunjung menyejuk. Berbeda dengan ketika Anda sewa kipas blower, lebih dikhususkan untuk penggunaan di luar ruangan. Hal ini karena adanya cipratan uap air yang keluar sehingga cenderung membuat basah.

Begitu halnya dengan air cooler yang bisa menyebabkan suhu ruangan lembab, namun hal tersebut bisa diatasi dengan fitur terkininya yakni ice pack. Pada dasarnya, jenis-jenis kipas ini punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu pun dengan penggunaannya. Namun, ketika Anda ingin sewa kipas blower, maka pastikan terlebih dahulu penggunaannya untuk apa agar lebih efisien dan tepat guna.