Memaksimalkan Bambu Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Siapa yang tidak tahu bambu? Bambu merupakan material yang masih dinilai tradisional, banyak orang yang mengidentifikasi bambu untuk dijadikan pernak-pernik kerajinan tangan. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis bambu yang bisa ditemukan, seperti bambu kuning, bambu tali, bambu hitam dan lainnya.

Di Indonesia bambu sering dimanfaatkan untuk kerajinan tangan yang memiliki nilai jual untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Diantaranya yaitu tempat nasi, uniknya tempat sampah dari bambu, kipas, besek untuk berkat, topi bamboo untuk bertani, dan masih banyak lainnya. Selain itu, bambu pun banyak digunakan untuk alat musik tradisional seperti seruling, angklung yang berasal dari sunda. 

kerajinan-bambu

Dari pemanfaatan bambu inilah masyarakat Indonesia bisa memperoleh keuntungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Di tangan para pengrajin, bambu dianyam dan disulap menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi sampah menembus pasar Internasional.

Indonesia sendiri menjadi salah satu Negara yang menghasilkan baku rotan dan bambu terbesar di dunia setelah China. Namun karena kurangnya minat untuk memanfaatkan bambu maka produksinya pun masih sedikit. Seharusnya pemerintah bisa lebih gencar dalam menjadikan bambu sebagai usaha ekonomi kreatif yang bisa mengatasi angka pengangguran setiap tahunnya di Indonesia.

Karena bambu sendiri sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, dengan adanya bambu tentu tugas kita harus terus melestarikan serta meningkatkan kesadaran terhadap upaya budidaya serta pemanfaatan bambu yang berkelanjutan seperti membuatnya menjadi bakul dari bambu, tempat sampah besar dari bambu, kipas bambu, tetampah memilah beras dari bambu, dan masih banyak jenis hasil bambu yang bisa dibuat untuk pemberdayaan dan kelestarian di Indonesia.

Jangan sampah bambu Indonesia yang menjadi ekspor dari Negara tetangga seperti Amerika, Prancis, dan Jepang karena kelestariannya sudah terancam punah di Indonesia. Mari kita semua lebih kreatif dalam memaksimalkan bambu sebagai bagian dari hidup untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat Indonesia supaya bisa lebih baik dan menjadikan Indonesia Negara yang kreatif dan inovatif.