Mengenal Jenis Konektor Pada Power Supply (PSU) Komputer

Jenis Konektor Power Supply (PSU) Komputer – Power suplai komputer atau yang sering di ucapkan PSU ini adalah satu komponen dari komputer yang punya pengaruh sangat penting sekali. Bisa dikatakan bahwa PSU ini adalah pemberi nyawa dengan menghembuskan nafas untuk keberlangsungan kerja komputer nantinya. Dari PSU ini lah yang nantinya akan memberi aliran listrik ke semua perangkat yang ada. 
 
Peran dari power suplai sendiri adalah untuk merubah arus AC dari PLN menjadi arus DC yang nantinya akan di salurkan ke semua perangkat yang ada di dalamya. Agar arus dapat stabil dan tidak bergoyang, maka PSU sendiri di sematkan konektor – konektor yang satu dengan yang lainnya ini tidak akan sama kegunaannya. Dengan banyaknya konektor ini akan membuat anda semakin pusing bukan? Tapi tenang saja, di artikel ini akan di infokan satu persatu kegunaan dari konektor tersebut.
 
Artikel ini pastinya sangat anda butuhkan bila anda ingin mengganti PSU yang rusak tanpa harus memanggil teknisi service komputer terdekat. Karena jelas anda bisa sendiri menggantinya bukan??. Sehingga selain anda menambah pengetahuan juga menghemat pengeluaran.
 
Seringnya warna tiap kabel yang ada berbeda – beda. Tujuan di buat seperti ini agar siapa pun bisa mudah memahaminya. 
 
Yuk tidak perlu berlama – lama lagi anda dapat membaca dan mendapat pengetahuan baru. Cek ya!!
 
1. Konektor ATX 4/8 Pin 12v
Jenis konektor ini memiliki fungsi untuk memberi arus kepada prosesor di dalamnya. Overcloking di motherboad sendiri sangatlah rendah karena hanya memakai konektor 4 pin untuk pemberi arus ke prosesor. Dan seringnya hanya di pakai untuk kebutuhan standar. Berbeda bila komputer punya teknologi overcloking yang tinggi pasti perlu sekali tambahan daya maka itu perlu memakai konektor 8 pin sebagai pemberi daya tambahan agar bisa di jalankan dengan sempurna.
 
2. Konektor 6 pin dan 6+2 pin PCI-E
Tipe konektor seperti ini di gunkan sebagai pemberi daya kepada VGA. Ini diperlukan sekali bila menggunakn VGA yang spesifikasi tinggi karena membutuhkan bantuan daya langsung dari PSU yang ada. Berbeda bila speknya rendah karena tidak perlu ada tambahan daya. Tinggal masukkan pada slot yang tesedia sudah bisa di jalankan dengan baik.
Untuk generasi terbaru slotnya sudah menggunaan jenis PCI Express dimana mampu memberi daya 75 W kepada VGA nya sendiri. Biasanya jenis PCI Express ini punya 2 pin tambahan. Dengan tambahan ini ternyata bisa memberi daya jauh lebih besar yakni 150 W.
 
3. Konektor ATX 20/24 Pin
Pada motherboard jenis lama ini dulu hanya lebih memakai konektor 20 pin. Tetapi untuk tipe terbaru sudah menggunakan 24 pin dalam mengalirkan arus yang ada.
Kedua jenis konektor ini sebenarnya tidak ada bedanya karena tugasnya adalah sama – sama mengalirkan arus ke motherboard yang ada. Pada dasarnya konektor berjumlah 24 Pin ini juga termasuk dalam 20 pin karena hanya di tambahkan 4 pin saja. Untuk 4 pin yang ada ini bisa di lepas dan bisa di sesuaikan dengan model motherboard yang di miliki.
 
4. Konektor Mini Molex
Konektor jenis mini molex ini di pakai sebagai pemberi daya pada floppy disk. Untuk sekarang sepertinya sudah tidak ada yang memakainya sebagai tempat penyimpanan data. Tetapi tidak ada salahnya menggunakanya karena bisa saja ada membutuhkan file yang dulu tersimpan pada diskket.
Meskipun sudah usang teknologi jenis ini, pada PSU sendiri ada beberapa yang masih menyertakan konektor jenis ini.
 
5. Konektor 4 Pin Molex
Untuk konektor tipe ini memiliki kegunaan sebagai pemberi daya pada komponen yang ada seperti DVD, HD, Kipas. Tetapi untuk sekarang jenis ini lambat laun akan di ganti model SATA. Untuk konektor sendiri masih tetap saja ada pada PSU generasi terbaru karena kipas masih menggunakan konektor jenis ini untuk memberi daya listriknya.
 
6. Konektor SATA Power 
Jenis SATA fungsi sama yakni sebagai pemberi daya listrik kepada periperal yang ada pada komputer. Kelebihan menggunakan jenis ini adalah daya transfernya lebih cepat. Beberapa perangkat yang sering menggunakan adalah HD, SSD, DVD.
 
Mungkin ada banyak yang masih ragu dan tidak percaya diri setelah mengetahuinya ketika akan mengganti psu yang ada, untuk itu serahkan saja kepada ahlinya. Bila anda berada di sekitar jakarta, maka bisa mencari teknisi komputer jakarta, yang akan membantu memasangkan psu anda. Selain itu mereka juga bisa menyediakan PSU yang anda butuhkan.