Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa tak melulu sibuk dengan belajar, kamu dapat memulai mengenal dunia bisnis agar memiliki pengalaman ketika nanti lulus kuliah, dan siap terjun ke dunia kerja. Memiliki pekerjaan sampingan sebagai mahasiswa, selain pengalaman yang didapat, tentunya juga pundi-pundi rupiah yang dapat membantu menunjang kebutuhan selama masa perkuliahan. Cukup menyenangkan bukan belajar sambil merintis usaha ?

Banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa selama masa perkuliahannya. Bahkan terkadang, usaha yang dirintis itu justru nantinya akan menjadi pekerjaan masa depan yang menjanjikan. Berikut beberapa ide-ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang dapat kamu coba memulainya.

Membuka jasa les privat

Usaha ini bisa dilakukan oleh para mahasiswa jurusan apa saja, terutama jurusan pendidikan yang memang memiliki pengetahuan dalam hal pendidikan di kurikulum sekolah. Selain tentunya untuk mendapatkan penghasilan, membuka les privat dapat membantu kamu untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari di bangku kuliah. Kamu dapat membuka les privat kepada anak SD, SMP atau SMA.

design

Membuka jasa desain grafis

Bagi kamu yang memiliki hobi dan kemampuan yang baik dalam hal mendesain, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Tentunya akan sangat menyenangkan menyalurkan hobi, dan mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobi tersebut. Macam-macam desain yang biasanya dibutuhkan adalah desain grafis dan logo, desain web, desain kaos, desain seni dinding, desain kemasan produk, desain sampul e-Book, dan lain-lain.

 

baca juga : cara daftar grab

Penulis freelance

Pekerjaan sampingan berikutnya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah menjadi penulis freelance. Menjadi penulis tak harus berprofesi sebagai jurnalis atau wartawan. Siapapun yang memiliki hobi menulis, dapat menyalurkan bakatnya untuk menghasilkan uang. Jadilah penulis pada bidang yang dikuasai, seperti bidang kesehatan, hiburan, gaya hidup, keuangan pribadi, dan lain sebagainya.

Menjadi blogger dan youtuber

Jika kamu memiliki bakat menulis, tak hanya menjadi penulis freelance saja, kamu juga dapat menulis dengan membuat blog sendiri. Blog tersebut bisa tentang kesehatan, hiburan, dan lain-lain sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Lalu darimana kamu dapat menghasilkan uang dari blog yang kamu miliki ?

Blog tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu ke Google Adsense, kemudian pihak Google akan memasang iklan di tiap artikel di blog yang kamu miliki. Nah, dari iklan tersebutlah pundi-pundi rupiah akan mengalir ke rekening tabunganmu.

Sama halnya dengan blogger, menjadi youtuber pun tak jauh berbeda. Kamu akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang Google Adsense pasang pada tiap konten youtube mu. Dengan kreativitas yang tinggi, kamu dapat membuat konten-konten yang menarik di channel yang kamu miliki. Bila pengunjung channel youtube mu banyak, maka penghasilan yang akan kamu dapatkan pun semakin besar.

Itulah beberapa pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Selain beberapa pekerjaan sampingan diatas, masih ada beberapa pekerjaan sampingan lain yang dapat menjadi pilihanmu, seperti mengisi survey online, membuka jasa ketik tugas, bekerja secara part time di toko atau restoran, menjadi driver ojek online, dan masih banyak lagi.