Pengertian dan Contoh Esai Naratif

Menulis sebuah esai memang perlu memperhatikan beberapa poin penting, supaya tulisan tersebut lebih terarah dan tajam dengan tujuan yang jelas. Karangan jenis ini pun banyak jenisnya dengan maksud berbeda-beda, salah satunya adalah dalam bentuk contoh esai narasi.

Pengertian Esai Narasi

Esai narasi merupakan sebuah karangan tentang menjelaskan atau menggambarkan ide penulis dengan cara menuangkan langsung dalam bentuk tulisan. Lebih detailnya, tulisan tersebut akan melibatkan emosi pembaca untuk berbagai kepentingan.

Penyampain yang dilakukan pun akan runtut sesuai urutan waktu kejadiannya, bahkan idenya juga bisa dari cerita atau pengalaman pribadi. Mudahnya, karangan ini lebih memaparkan sebuah cerita dengan pesan mendalam. Lebih jelasnya berikut contoh esainya.
 

Contoh Esai Naratif dengan Tema “Pentingnya Adap dalam Betamu”

Manusia sebenarnya memanglah makhluk sosial, dimana ia tidak akan pernah bisa hidup sendirian, sehingga akan selalu  membutuhkan bantuan yang lainnya. Termasuk komunikasi merupakan salah satu cara mereka untuk berhubungan dengan orang sekitar.

Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti berbicara, kirim surat, telepon dan lain sebagainya. Misalnya saja dalam mengobrol tanpa media, maka seseorang haruslah bertatap muka. Entah bertemu di jalan, tidak sengaja atau bahkan bertamu ke rumahnya.

Bertamu merupakan salah satu cara berkomunikasi serta bersilaturahmi ini, ternyata memiliki adab dan aturan. Dimana setiap manusia harus menjaga atau mentaatinya supaya hubungan dengan sesama tetap terjalin dengan baik.

Namun, saat ini kerap kali ditemui orang bertamu tidak beradab. Misalnya saja, di waktu malam atau menjelang magrib bahkan mungkin pagi-pagi sekali. Dimana si pemilik rumah pasti tengah sibuk dengan segala urusannya, maka sebagai tamu harus paham ini supaya tuan rumah tidak terganggu.

Oleh karena itu, pengetahuan adab bertamu ini sangat penting bagi setiap orang. Entah orang terdekat mengingatkan atau bahkan si pemilik rumah. Apabila merasa terganggu, mereka berhak mengatakan kepada tamunya untuk pulang, terlebih jika urusan telah selesai serta tidak darurat.

Demikian informasi mengenai contoh esai naratif beserta penjelasannya. Karangan satu memang terkesan lebih mudah, namun harus berhati-hati karena kekhasannya yang membawa emosi pembaca untuk tujuan tertentu.