Penyebab Kedutan Pada Mata Dan Cara Mengatasinya

Kedutan merupakan suatu peristiwa dimana bagian tubuh akan mengalami getaran secara tidak sadar. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sering terjadi kedutan, khususnya mata bagian bawah. Peristiwa ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Mungkin banyak dari kalian belum tahu apa penyebab kedutan terutama pada mata. Jika yang mengalaminya anak kecil mungkin mereka tidak begitu memperdulikannya, namun jika kedutan terjadi pada orang dewasa biasanya akan membuat penasaran bahkan artinya.

penyebab kedutan pada mata

Menurut medis sendiri kedutan yang terjadi di mata merupakan salah satu yang sering terjadi di masyarakat, walaupun begitu sebaiknya kalian jangan terlalu panik karena kedutan biasanya terjadi dalam waktu singkat dan tidak dapat diprediksi.

Ada beberapa hal yang mejadi penyebab mata berkedut menurut dunia medis, diantaranya adalah sebagai berikut:

Penyebab Mata Kedutan

  • Lelah yang berlebihan
  • Mata lelah namun tetap digunakan
  • Stres karena banyak pikiran
  • Kebanyakan kafein
  • Alergi hingga masalah nutrisi

Walaupun secara medis sudah ada penyebab-penyebabnya namun lain halnya menurut masyarakat yang masih mempercayai Primbon Jawa. Hingga kini masih banyak yang percaya arti kedutan menurut primbon Jawa, padahal hal semacam itu belum tentu benar adanya.

Nah jika kalian mengalami kedutan pada mata sebaiknya jangan langsung panik karena bisa saja hal tersebut terjadi karena salah satu penyebab di atas. Jika demikian kalian bisa mencoba beberapa hal untuk menangani kedutan di mata.

Cara Mengatasi Kedutan di Mata

  • Apabila sering mengkonsumsi kafein maka kurangilah dan ganti dengan air putih.
  • Pastikan istirahat kalian cukup dengan tidur selama 7-9 jam untuk setiap harinya.
  • Jangan sering begadang karena hal tersebut akan mengurangi jam istirahat dan tentu saja dapat mengganggu kesehatan.
  • Gunakan obat tetes mata apabila mata cenderung kering.
  • Mengkompres bagian kedutan pada mata dengan air hangat, hal ini bisa dilakukan ketika sudah mulai tidak nyaman dengan kedutan yang terjadi.

Jika kalian merasa bahwa kedutan yang terjadi hingga berkali-kali bahwa menyebabkan mata menjadi merah, membengkak hingga muncul cairan tertentu maka kalian bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail dan bagaimana solusinya.

Demikianlah informasi mengenai kedutan mata menurut kedokteran hingga penyebab dan cara menanganinya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua.