Siapa Yang Belum Tahu? Inilah 8 Fakta Unik Kucing Kembang Telon dan Mitosnya Yang Beredar

Dilansir dari rumahfauna.com ternyata banyak sekali jenis kucing yang ada di dunia. Jika kamu suka memelihara kucing yang unik, maka kucing kembang telon adalah pilihannya.

Kucing yang suka disebut kucing calicoini ini selain unik karena warna bulunya yang terdiri dari tiga warna, peneliti mengatakan genetiknya ini misterius loh.

Umumnya kucing jenis ini berwarna putih lalu terdapat corak hitam dan oranye. Di Indonesia sendiri kucing jenis ini mudah ditemui dan sering berkeliaran di pinggir jalan.

Daripada kamu penasaran, berikut ini fakta unik kucing kembang telon yang jarang banyak orang tahu!

Fakta Unik Kucing Kembang Telon

kucing kembang telon

1. Calico bukanlah ras

Alasan diberi nama calico karena kucing ini memiliki tiga warna pada bulunya, namun nama tersebut bukan ras tertentu. Jadi, nama calico bisa saja diberikan kepada berbagai ras kucing. Untuk dianggap calico, maka kucing tersebut harus memiliki tiga warna seperti kucing kembang telon.

2. Mempunyai Banyak Macam Pola Warna

Terdapat tiga macam pola warna yang ada pada kucing kembang telon, yaitu dilute (bercak halus), tortoiseshell, dan tabby. Pola dilute terlihat soft, pola tortoiseshell menampakan bintik di wajah, dada, dan kakinya. Sementara pola tabby warna bergaris dengan bintik hitam.

3. Genetiknya misterius

Siapa yang tahu bahwa kucing unik ini masih menjadi penelitian bagi para ilmuwan karena genetiknya yang misterius?

Hal ini disebabkan karena hampir semua kucing dengan tiga pola warna memiliki dua kromosom X alias betina. Jika salah satu kromosom dinonatifkan, maka polanya random. Itulah yang membuat pola warna kucing ini tidak pernah sama.

Para ilmuwan sudah meneliti topik ini sejak tahun 1940 hingga sekarang dan masih menjadi miseteri.

4. Masa hidup

Siapa yang pernah dengar kalau kucing adalah hewan dengan seribu nyawa? Maksudnya adalah kucing bisa hidup lama bahkan bisa lebih dari 16 tahun lamanya. Tetapi itu semua tergantung bagaimana cara pemilik merawatnya. 

5. Dominasi betina

Sepeti yang sudah dijelaskan pada poin ke-dua, umumnya semua kucing kembang telon memiliki kromosom X alias betina. Sehingga kucing ini jarang sekali ditemukan berjenis kelamin jantan.

6. Tidak Bisa Sengaja Dikawin Silang

Jika kamu punya rencana mengawinkan kucing kembang telon, hal itu tidak bisa dilakukan dengan sengaja. Karena ia hanya dapat lahir berdasarkan genetika kromosomnya.

7. Mitos yang berkembang

Banyak mitos yang beredar mengenai kucing kembang telon ini, salah satunya adalah mereka dianggap sebagai pembawa keberuntungan. 

8. Kepribadiannya unik

Selain unik pola warnanya, kepribadian kucing ini juga unik, yaitu mandiri, keras kepala, dan agak tempramen. Sehingga, bagi yang ingin memelihara kucing ini harus lebih bersabar karena mereka bukan tipe kucing yang penurut.