Solusi Mengatasi WC Yang Mampet Karena Tisu dan Pembalut

 

Mempunyai anak perempuan yang baru saja beranjak dewasa tidak jauh berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Yang membedakan hanya pada umur segitu mereka sudah mulai mendapatkan menstruasi pertama. Dan biasanya sebagai alternatif atau langkah cepat, mereka akan langsung saja membuang pembalut bekas pakai ke dalam toilet, tidak mengetahui pasti apa yang akan terjadi. Dan yang sudah-sudah Anda harus menelepon jasa sedot wc untuk memperbaiki wc yang tersumbat pembalut atau tisu bekas pakai.

Sedangkan bila Anda tidak teliti sebelum memanggil tukang jasa sedot wc, sudah pasti uang dalam kantong akan di kocek semakin dalam.

Tapi, Anda tidak perlu bingung ataupun panik lagi. Karena ada solusi lain sebelum menghubungi jasa sedot wc. Anda dapat mengatasinya dengan tangan sendiri di rumah, menggunakan alat-alat yang ada di rumah juga pastinya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

jasa sedot wc

Mengatasi WC Tersumbat Pembalut

Bukan rahasia lagi kalau bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah pembalut bukanlah bahan-bahan yang mudah larut dalam air, karena sebagian besar isinya adalah kapas yang akan membentuk gumpalan bila masuk ke dalam pipa. Oleh sebab itu satu-satunya cara untuk mengatasi WC yang tersumbat pembalut adalah dengan membebaskannya dari penyumbat. Apabila pembalut hanya tersangkut di sebatas leher angsa WC, maka Anda masih bisa mengatasinya sendiri dengan menarik pembalut keluar.

Lalu bagaimana caranya untuk mengetahui apakah pembalut masih tersangkut di leher angsa WC atau tidak? Oleh sebab itu sebaiknya Anda lakukan beberapa tes untuk mengetahui kedalaman pembalut yang masuk ke dalam toilet seperti berikut ini:

  • Leher angsa pada toilet biasanya didesain dengan volume yang tidak lebih dari 2 liter air. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan menuangkan air sekitar 2 gayung ukuran sedang ke dalam mangkuk WC.
  • Kemudian periksa ketinggian air, bila sudah melebihi batas normal, maka kemungkinan besar pembalut masih berada di leher angsa WC.

 

Langkah selanjutnya setelah mengetahui keberadaan penyebab wc mampet, Anda lakukan langkah berikut ini:

  • Gunakan hanger kawat yang sudah dipotong dan cukup panjang dan lentur. Gunakan kaitnya untuk masuk ke dalam toilet dan merogoh ke dalam leher angsa WC. Lakukan dengan hati-hati agar kawat gantungan tidak merusak atau menggores porselen wc, apalagi harus mendorong lebih dalam.
  • Bila sudah terasa kait menyentuh pembalut, maka tarik perlahan sampai keluar.

 

Namun akan beda solusi untuk mengatasi WC mampet karena pembalut bila pembalut tersangkut di pipa saluran pembuangan menuju septic tank. Anda dapat mencoba mendorongnya sampai jatuh ke septic tank menggunakan tongkat pemompa berujung mangkuk karet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama tuang air ke dalam lubang WC sampai permukaan air sedikit melebihi batas ketinggian normal. Yang menandakan kalau ruang antara penyumbat dan lubang WC terisi air penuh.
  • Taruh mangkuk karet tongkat pemompa di atas lubang WC, kemudian gerakkan tongkat naik-turun dengan tetap mempertahankan mangkuk karet di atas lubang WC.
  • Selanjutnya menambahkan air jika mulai surut. Lakukan berulang kali sampai saluran lancar kembali.

 

Mengatasi WC yang Tersumbat Akibat Tisu

Meskipun tisu memiliki bahan yang bersifat tipis dan terbuat dari bahan sintetis tetap saja akan berisiko menyumbat WC karena tidak mudah terurai. Akan berbeda kasusnya bila tisu terbuat dari bahan alami yang mudah terurai bila terkena air. Tidak seperti pembalut, tisu cenderung lebih sulit untuk diatasi. Karena bentuknya yang tipis tisu akan lebih sulit ditarik keluar. Oleh karena itu, langkah yang dapat Anda lakukan adalah cukup mendorongnya hingga jatuh ke septic tank. Lakukan metode pemompaan seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Baca juga: Jasa Sedot WC Medan

Meski demikian ketika wc Anda tersumbat dan belum menemui hasil yang memadai, memanggil jasa sedot wc akan menyelamatkan Anda. Dan selalu jaga kebersihan toilet, karena mencegah tetap lebih baik daripada mengatasi WC mampet yang diakibatkan oleh tissue, kapas, atau pembalut.