Syarat Utama Kambing Untuk Aqiqah Yang Sah

Aqiqah merupakan salah satu syariat islam yang diperintahkan untuk dilakukan bagi setiap orang tua setelah kelahiran anaknya. Aqiqah juga bertujuan sebagai rasa syukur akan kehadiran putra putrinya. Tak heran jika hukumnya menjadi sunnah tetapi begitu diutamakan untuk dijalankan.

Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk aqiqah adalah mencari hewan sembelihan sesuai syariat. Pasalnya, jika tak sesuai syariat maka aqiqah akan menjadi tak sah. Berbeda dengan penggunaan paket aqiqah Jakarta Timur yang telah menggunakan hewan sembelihan sesuai syariat.

Syarat Utama Kambing Untuk Aqiqah

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat memilih kambing untuk aqiqah. Syarat ini menentukan sah atau tidaknya aqiqah Anda, berikut syaratnya.

  • Umur Kambing

Syarat pertama kambing untuk dijadikan paket aqiqah Jakarta Timur adalah umur kambing. Tak semua kambing bisa digunakan untuk aqiqah. Hanya kambing yang telah memenuhi syarat saja yang disahkan untuk aqiqah. Umur kambing minimal harus berusia 1 tahun. Sehingga jika kurang, maka tak diperbolehkan untuk disembelih.

  • Bebas Cacat

Tak hanya usia saja yang menjadi patokan untuk penyembelihan hewan kambing. Pasalnya, kesehatan kambing juga harus tetap diperhatikan dimana kambing harus bebas cacat. Tak hanya cacat fisik saja, namun kambing harus dipastikan berada dalam kondisi sehat dan tidak sakit. Hal ini bertujuan untuk memberikan daging yang berkualitas. Pasalnya, jika kambing tidak sehat atau cacat dikhawatirkan dapat menularkan beberapa penyakit pada yang memakannya.

Terdapat beberapa cacat yang tak diperbolehkan untuk hewan berkurban. Diantaranya adalah buta sebelah pada mata, sakit dan nampak jenis sakitnya, pincang kaki, dan terlalu kurus hingga tak memiliki tulang belakang.

Kambing yang digunakan bisa jantan atau betina sesuai dengan pilihan. Yang membedakan hanya masalah jumlahnya. Jika anak perempuan, maka hanya membutuhkan satu kambing saja. namun, jika laki-laki maka membutuhkan dua buah kambing untuk aqiqah. Kambing yang dipilih juga harus merupakan kambing yang sehat, gemuk, dan juga segar untuk memastikan kualitas daging.

Demikian syarat hewan kambing yang akan digunakan untuk aqiqah. Jika Anda menggunakan paket aqiqah Jakarta Timur, maka bisa dipastikan kambing yang digunakan sesuai dengan syariat islam. Sehingga tak perlu ragu dan bimbang saat menggunakan jasa aqiqah. Pasalnya, segala hal telah sesuai dengan syariat dan ketentuan sehingga Anda tinggal menunggu di rumah dengan tenang, nyaman, dan tentram.