Tenang, Ini Beberapa Cara Untuk Melacak HP Android yang Hilang

Pernah mengalami kelupaan saat menyimpan hp? Atau mungkin saat membaca artikel ini kamu sedang mengalami kehilangan hp yang kamu miliki? Tetap tenang dan jangan panik, karena di bawah ini kami telah merangkum beberapa cara untuk dapat menemukan hp kamu yang hilang dalam beberapa langkah.

Saat ini telah tersedia banyak cara untuk menemukan lokasi hp secara akurat dan bahkan beberapa brand hp juga telah menyediakan fitur khusus untuk hp tersebut. Nah, untuk di bawah ini, kamu bisa menggunakannya pada semua HP Android.

Dua cara di bawah adalah cara paling umum digunakan. Selain itu, jika tidak berhasil, mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara melacak nomor hp yang banyak tersedia di internet. Sehingga potensi agar hp kamu kembali menjadi semakin besar.

1. Menggunakan Find My Device

Melacak HP yang Hilang

Find My Device merupakan alat yang sangat umum dan banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Fitur yang diciptakan oleh Google ini memang sangat bisa diandalkan dalam melacak lokasi HP secara akurat. Jadi, bagi kamu pemilik HP android bisa dengan mudah melihat lokasi terkini dari HP kamu dengan memanfaat GPS di HP.

Terus, bagaimana cara menggunakan Find My Device? Untuk dapat menggunakan fitur ini, kamu harus memastikan dahulu bahwa hp yang ingin kamu cari tidak dalam keadaan mati, terhubung dengan internet, serta layanan untuk mengakses lokasi telah diaktifkan sebelumnya. Jika salah satu dari syarat tersebut tidak terpenuhi, maka kamu tidak bisa menggunakannya.

Setelahnya, kamu juga harus memastikan bahwa kamu telah mengaktifkan fitur FInd My Device. Namun, biasanya fitur ini akan aktif secara otomatis setelah kamu masuk ke Google Play Store menggunakan akun Gmail. Jadi, kamu bisa menggunakan akun Gmail tersebut untuk dapat melacak HP.

Jika semua syarat terpenuhi, langsung kunjungi halaman android.com/find, lalu masuk menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun di Google Play Store. Setelah itu, akan muncul HP apa saja yang tersinkron dengan akun yang kamu gunakan. Lalu, pilih hp yang ingin ditemukan.

Pada tampilan halaman Find My Device, kamu bisa melacak lokasi secara akurat. Tingkat akurasi juga akan bergantung dengan kualitas dari HP yang kamu gunakan, beserta koneksi yang digunakan saat itu. Setelahnya, kamu juga bisa membunyikan suara keras melalui menu yang tersedia, juga bisa mengunci hp agar tidak dapat digunakan.

2. Menggunakan Google Maps

Sama seperti fitur Find My Device, dengan memanfaatkan Google Maps, kamu akan mengetahui lokasi hp berdasarkan data dari GPS. Akan tetapi, dibandingkan dengan Find My Device, Google Maps tidak dapat melacak posisi hp secara real time atau aktual pada waktu itu.

Hal ini disebabkan karena Google Maps hanya menampilkan histori pergerakan dari HP yang kamu gunakan. Jadi, misal kamu ingin mengetahui lokasi dari hp kamu dalam satu jam terakhir, maka kamu bisa menggunakan Google Maps. Dari sini, kamu bisa mengetahui hp kamu pernah singgah dan melewati daerah mana saja. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mengetahui dimana posisi hp kamu saat itu.

Jadi, bukan tidak memungkinkan untuk menemukan hp kamu yang hilang secara jarak jauh dengan menggunakan fitur di atas. Namun, pastikan syarat seperti koneksi internet dan lokasi telah diaktifkan ya, jadi menemukan hp menjadi semakin mudah.

Sumber: https://teknolagi.id/