Tips Belanja Aman di Shopee

Hadirnya marketplace merupakan angin segar bagi masyarakat. Pekerjaan berbelanja menjadi semakin mudah dan menyenangkan, selain praktis dan tentunya hemat waktu. Karena berbelanja melalui marketplace dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, prosesnya pun sangat simple dan mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi marketplace tersebut, kemudian masuk untuk mengaktifkannya.

Salah satu marketplace yang banyak digunakan di Indonesia adalah Shopee. Marketplace dengan logo orange ini telah di download oleh lebih dari 100 juta user. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang Shopee tawarkan bagi para pelanggannya, mulai dari gratis ongkir, diskon hingga cashback yang menggiurkan. Produk-produk yang ada di marketplace ini juga beragam, mulai dari pakaian, kebutuhan rumah tangga, barang elektronik, hingga paket data, semua ada di Shopee. Sistem pembayarannya pun mudah, bahkan saat ini Shopee juga menyediakan metode pembayaran COD.

Bagi kamu yang baru akan mencoba untuk menggunakan marketplace ini, mungkin awalnya ragu karena takut tertipu oleh para penjual abal-abal. Nah berikut tips belanja aman di Shopee yang harus kamu perhatikan, agar nyaman dan puas ketika berbelanja di marketplace yang satu ini.

toko

Menggunakan kolom pencarian

Kamu dapat menggunakan kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman, untuk mencari produk yang kamu inginkan. Caranya mudah, cukup ketik nama produk yang kamu cari lalu enter. Setelah itu akan muncul produk-produk yang kamu cari dari berbagai toko. Kamu dapat memilih produk dari toko mana yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca juga : cara belanja di shopee

Manfaatkan fitur filter yang tersedia

Apabila kolom pencarian masih belum spesifik dalam mencari barang yang kamu inginkan, maka kamu dapat memanfaatkan fitur filter yang tersedia. Kamu dapat memilih filter berdasarkan lokasi, metode pembayaran, kategori barang, batas harga yang kamu inginkan, penilaian toko, jasa pengiriman barang, hingga program promosi yang sedang Shopee tawarkan.

Perhatikan reputasi toko yang akan kamu beli produknya

Di sebuah marketplace tentunya ada banyak sekali pedagang yang menjual barang yang sama. Namun tidak semua toko sama, memiliki produk dengan kualitas yang baik dan tidak mengecewakan. Agar belanjamu aman dan terhindar dari kekecewaan, maka kamu dapat memilih toko yang memiliki predikat Star Seller atau Mall pada halaman atas dibawah kolom pencarian. Atau kamu juga dapat memilih toko yang memiliki jumlah pembeli terbanyak, serta memiliki bintang 5 atau mendekati sempurna.

Memilih harga terbaik

Diantara banyaknya toko yang menawarkan harga terbaiknya, kamu dapat memilih harga paling rendah diantara yang lainnya. Namun tentu saja tetap memperhatikan reputasi dari toko tersebut. Pilihlah toko dengan harga termurah tapi memiliki ulasan yang baik dari para pembelinya.

Membaca deskripsi produk dengan baik dan teliti

Berbelanja online tentunya berbeda dengan belanja di toko secara langsung. Karena barang yang akan dibeli tidak dapat dilihat dan dipegang secara langsung. Maka kamu harus membaca rincian produk secara teliti pada toko tersebut. Agar nantinya tidak ada kekecewaan ketika produk yang diterima tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

Selain beberapa hal di atas, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal berikut yang tak kalah penting ketika berbelanja di Shopee, seperti :

  • memanfaatkan jasa gratis ongkir yang disediakan oleh pihak Shopee
  • lakukan chat dengan penjual jika informasi yang kamu dapatkan di rincian produk kurang jelas
  • bacalah ulasan-ulasan pembeli lain yang ada di toko tersebut
  • pilihlah metode pembayaran yang paling mudah, apalagi bagi kamu yang masih pemula.