Tips Memilih kursus online yang tepat

Saat ini negara kita Indonesia sedang dilanda pandemi. Sebagian besar aktivitas belajar siswa maupun mahasiswa beralih secara daring (Dalam Jaringan, secara online menggunakan internet).

Mungkin ini adalah hal baru bagi mereka yang sebelumnya belum pernah mengenal dunia internet. Yang sudah terbiasa akan lebih mudah dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Untuk yang baru kenal, butuh penyesuaian dalam memanfaatkan teknologi internet.

belajar

Disisi lain, era digital mengharuskan setiap personal yang ingin mengembangkan diri harus bisa beradaptasi dengan dunia digital. Tidak ada alasan untuk tidak bisa belajar, kecuali jika kamu pemalas.

Untuk saat ini, salah satu cara terbaik meningkatkan skill adalah dengan mengikuti kursus online. Berikut tips memilih kursus online yang tepat biar keterampilan kamu bertambah.

Cek Kredibilitas Pemilik Kursus

Hal pertama yang wajib dicek siapa pemilik kursus itu. Kamu harus tau profile pemiliknya, dari nama, alamat, hingga akun media sosialnya. Ini penting dilakukan untuk mencegah oknum nakal yang suka memanfaatkan keadaan seperti masa pandemi ini.

Masa pandemi kan banyak yang membuka kursus online. Pastikan pemilik kursus orang yang benar-benar kompeten dalam bidangnya.

Cek Media Pembelajarannya

Media pembelajaran setiap kursus pasti beda-beda. Umumnya materi belajar berbentuk Video dan ebook. Kemudian ada forum diskusi atau tempat tanya jawab.

Nah.. tempat kursus yang baik harusnya mempunyai website utama untuk mengakses materi. Jadi semacam ada akun untuk member. Kalau kursus online hanya melalui forum, atau grup facebook, bahkan ada yang cuma lewat grup whatsapp, menurut saya, yang model seperti ini kurang bagus. Indikasi mentor atau pematerinya kabur lebih tinggi. Karena saya pernah tuh.. ikut kelas online, bayar mahal.. pematerinya ngilang, gak bertanggung jawab.

Cek Layanan Fast Response

Cek.. apakah admin atau mentor dalam kursus online itu selalu ready ? di jam berapakah kegiatan tanya jawab atau diskusi bisa dilakukan.

Cek layanan ini bisa ditanyakan kepada orang yang pernah kursus di sana. Istilahnya alumni kursus online. Coba tanyakan di grup-grup belajar online. Bagaimana respon saat member berkonsultasi ?

Pengalaman saya, pernah juga bayar mahal kursus online. Waktu konsultasi 1 bulan penuh, jam konsultasi malam. Tapi ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Gak 1 bulan penuh, si admin jarang online bahkan terkesan diabaikan. Yang lebih parah lagi, materi belajar belum siap sepenuhnya.

Cek Materi Kursus

Hati-hati dengan oknum nakal yang membuka kursus online tapi tidak menampilkan materi apa saja yang akan dipelajari. Emang ada mas yang model seperti itu ? ada donk.. saya pun pernah mengalami (kursusnya online dan offline, saya coba ikut yang offline). Dia hanya menampilkan secara global, gak detail materi apa saja yang akan dipelajari. Alhasil saya tertipu dengan promosinya aja.

Cek Harga Kursus

Pastikan harga kursus sesuai dengan materi yang akan diberikan. Untuk tau harganya sesuai atau tidak, coba tanyakan di forum-forum yang memang berkecimpung di bidangnya.

Misal mau kursus harga 1 juta. Dengan materi ini dan itu. Nah.. coba geh.. kamu gabung di grup facebook youtuber. Tanyakan, harga 1 juta dengan materi itu wajar tidak.

Demikian informasi tentang tips memilih kursus online yang tepat, semoga bermanfaat. Dan buat kamu yang suka baca, kunjungi kangmasian juga ya.. media informasi seputar bisnis dan tekno.