5 Ciri–Ciri Kanker Kulit yang Ternyata Sering Diabaikan

Tubuh manusia pada umumnya memiliki kemampuan untuk mengenali apa yang terjadi pada tubuhnya terutama mengenai kesehatan. Jika tubuh terserang satu penyakit maka tubuh akan mengirimkan sinyal untuk segera mendapatkan penanganan. Penyakit mematikan seperti kanker kulit juga bisa dideteksi dengan beberapa cara. Salah satunya tentu mengenal apa saja ciri-ciri kanker kulit.

Mirisnya, ciri-ciri kanker kulit ini memang seringkali diabaikan. Padahal dengan mudah kita bisa mendeteksinya untuk segera mendapat penanganan tepat dan cepat. Kanker kulit dalam beberapa kasus bisa berkembang hingga pada jaringan otot dan tulang. Ulasan berikut ini akan mengulas apa saja ciri-ciri kanker kulit.

Ciri-ciri Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai.

1. Munculnya Tahi Lalat yang Baru

Ciri-ciri kanker kulit yang pertama adalah munculnya tahi lalat baru. Bintik yang muncul memang bukan suatu yang perlu ditakuti. Namun jika pada tubuh yang muncul adalah tahi lalat baru dengan ukuran lebih dari 6 mm maka bisa jadi ini adalah tanda dari peringatan dini melanoma. Waspadai jika muncul tahi lalat dan berkembang atau lebih lebar.

2. Tahi Lalat Tidak Simetris

Muncul tahi lalat baru dan tidak simetris bisa jadi ciri-ciri kanker kulit yang patut diwaspadai. Terutama dengan tepi yang kasar, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan medis. Tahi lalat yang tidak simetris dan munculnya tepian buram serta memudar ke kulit sangatlah harus diwaspadai. Memang akan terasa sulit untuk mendeteksinya namun sebaiknya tidak ragu apabila muncul gejala kanker kulit tersebut dan periksakan.

Ciri kanker kulit

3. Warna yang Berbeda

Umumnya, tahi lalat memang berwarna coklat. Tetapi jika yang muncul pada diri adalah berwarna merah muda maka sebaiknya segera memeriksannya. Sebab hal ini menjadi ciri-ciri kanker kulit yang harus diwaspadai. Perubahan warna ini bisa segera dikonsultasikan pada dokter.

4. Ada Benjolan

Waspadai benjolan yang muncul seperti misalnya lepuhan kecil dan berukuran lebih dari 6 mm. Jika tidak hilang dalam enam minggu bisa jadi ini adalah gejala kanker kulit. Benjolan yang ada bisa disertai dengan darah dan lebih sering berada pada area leher juga wajah.

Hal ini juga berlaku pada pertumbuhan kutil baru dan rasa sakit yang anda derita tidak sembuh juga. Segera periksakan diri ke dokter dan ketahui apakah hal tersebut memanglah gejala dari kanker kulit yang menyerang kita.

5. Kulit Bersisik

Ciri-ciri kanker kulit yang paling umum adalah kulit bersisik. Bukan hanya disertai dengan ruam merah tetapi juga seperti kulit yang terbakar. Jika gejala kanker kulit ini muncul maka segera periksakan diri. Deteksi cepat membantu menemukan obat kanker kulit yang juga tepat.

Kenali ciri-ciri kanker kulit dan lakukan perawatan kulit seperti melindunginya dari sinar UV. Pastikan untuk tidak terkena sinar matahari di jam 10 pagi hingga 5 sore. Temukan obat kanker kulit dengan berkonsultasi bersama dokter dan tim medis.