Apa Itu HRIS & Beberapa Jenisnya

Setiap perusahaan pasti memiliki sistem pengelolaan kerja yang berbeda-beda. Khususnya dalam mengelola sumber daya manusianya yang juga membutuhkan suatu sistem yang efektif dan efisien yakni menggunakan HRIS. Namun perlu diketahui, HRIS sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda penerapannya bagi setiap perusahaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan apa itu HRIS beserta jenis-jenisnya sebagai berikut.

HRIS Operasional

Jenis sistem HRIS yang pertama yakni HRIS operasional. Pada jenis ini, unit personalia suatu perusahaan memiliki kuasa atas controlling dan pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Dimana HRIS operasional ini memiliki 5 komponen yang selalu melekat di dalamnya. 

Yakni meliputi sistem informasi karyawan, sistem pengendalian posisi karyawan, sistem informasi penilaian kinerja, sistem informasi perekrutan karyawan baru, dan sistem pengelolaan karyawan yang terhubung dengan peraturan ketenagakerjaan.

HRIS Tactical

Seperti pada namanya, HRIS tactical merupakan jenis sistem HRIS yang digunakan oleh personalia dalam menangani pengambilan keputusan terhadap tenaga kerja perusahaan. Taktik atau strategi pada HRIS ini dapat membantu tim HRD untuk mempercepat proses perencanaan, merekrut karyawan baru hingga proses pelatihan karyawan baru.

Komponen yang ada pada HRIS tactical meliputi sistem informasi analisis pekerjaan, sistem informasi perekrutan, sistem informasi keuntungan dan kompensasi, dan sistem pembangunan dan pelatihan karyawan.

Jenis HRIS

HRIS Strategic

HRIS strategic merupakan salah satu bagian dari apa itu HRIS beserta jenis-jenisnya. Dalam jenis ini, personalia perusahaan dapat memanfaatkan sistem pengelolaan sumber daya manusia sebagai penentuan strategi perusahaan agar lebih baik. Yakni dengan meningkatkan kualitas kinerja para karyawannya.

Komponen yang masuk dalam sistem HRIS strategic diantaranya sistem informasi perencanaan dukungan kerja karyawan, sistem informasi pendukung HR, dan sistem informasi dukungan negosiasi kerja.

HRIS Comprehensive

Jenis HRIS terakhir yang sering digunakan perusahaan yakni HRIS comprehensive. HRIS comprehensive ini merupakan paket lengkap yang didalamnya memiliki pengelolaan data karyawan yang akurat. Mulai dari informasi tiap karyawan. Payroll, absensi, proses rekrutmen karyawan, training karyawan baru, dan juga hubungan karyawan terhadap peraturan ketenagakerjaan.

 

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu HRIS beserta jenis-jenisnya. Beberapa jenis dari sistem HRIS software yang dapat Anda sesuaikan dengan bentuk dan kondisi perusahaan. Sehingga jika sistem yang dipilih tepat, maka kinerja dan produktivitas perusahaan di bidang personalia bisa berjalan dengan baik dan dapat memperoleh keuntungan.