Bahaya! Septic Tank Bisa Meledak di Depok, Ini Penyebabnya

Jangan anggap remeh keberadaan septic tank, karena bisa jadi menimbulkan masalah jika tidak benar-benar merawatnya. Konsultasikan ke penyedia jasa sedot WC Depok bagaimana cara membuat septic tank yang benar.

Pernah ada suatu kasus yang berkaitan dengan septic tank, kasus ini terjadi pada tahun 2019. Seorang yang bernama S umur 44 tahun seorang sopir truk penyedot tinja sedang melakukan tugasnya tewas akibat ledakan septic tank.

Penyedotan dilakukan di Kapling O, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. S memasukkan api ke dalam septictank untuk membuktikan bahwa penampung tinja sudah kering. Tak disangka, septictank itu meledak dengan cukup keras hingga S pun terpental dengan parah.

Ledakan Akibat Gas Metana

Mungkin bertanya-tanya juga bagaimana bisa meledak? Ternyata septic tank itu mengandung gas metana yang sangat kuat. Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di LIPI, Neni Sintawardani menjelaskan proses meledaknya septic tank.

Gas metana awalnya terbentuk dari proses yang dinamakan proses anaerobik. Prosesnya alami dengan bantuan aktivitas mikroba bakteri dalam septic tank dengan jumlah yang cukup banyak.

Proses ini tidak menghendaki adanya oksigen karena bakteri tetap hidup walau tidak ada oksigen. Itulah mengapa septic tank harus berada pada kedalaman tertentu sesuai standar, kedap udara dan memiliki pipa saluran gasnya.

Mikroba akan melakukan proses penguraian selama berada dalam septic tank hingga menghasilkan biogas. Nah biogas ini bernama gas metana, sebuah gas yang memiliki karakteristik mudah terbakar.

Ketika septic tank tidak memiliki saluran pipa pengeluaran atau pipa untuk gas buang dengan layak, bisa jadi gas tersebut akan mencari lubang lain. Bisa saja gas keluar dari lubang kloset dan penyedia jasa sedot WC harus mengingatkan hal ini kepada siapa saja.

Tindakan S di atas yang memasukkan api ke dalam septic tank merupakan tindakan nyeleneh cenderung konyol. Api bertemu gas metana jelas saja akan mudah terbakar.

Anggapan S sendiri septic tank sudah bebas gas metana karena sudah melakukan penyedotan. Sayangnya ledakan tersebut terjadi karena adanya endapan gas yang sudah bertahun-tahun lamanya.

Penyedia jasa sedot WC sebaiknya jauh lebih hati-hati ketika melakukan penyedotan. Hindari tindakan nyeleneh seperti di atas karena lebih berbahaya.