Bisnis yang Cocok untuk Pelajar yang Mudah Dilakukan

Bidang usaha bertambah pesat seiring berkembangnya zaman. Pada era ini, masyarakat bisa menghasilkan uang berbekal internet dan perangkat elektronik, termasuk pelajar. Bisnis yang cocok untuk pelajar sebenarnya cukup banyak. Di sela waktu luang, pelajar bisa memanfaatkan waktunya untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Inilah beberapa bisnis yang bisa dikerjakan oleh pelajar.

 

1. Berjualan Makanan Ringan

Semua orang membutuhkan makanan. Alasan ini yang menjadikan banyak orang tertarik untuk memulai usaha di bidang makanan. Bagi pelajar yang masih bersekolah, berjualan makanan bisa menjadi peluang. Perhatikan apa makanan atau minuman yang sedang digemari dan yang berpotensi untuk disukai dalam jangka panjang.

Makanan ini bisa disesuaikan dengan waktu dan sumber daya yang dimiliki. Bisa menjual makanan ringan buatan sendiri, atau menjadi reseller dengan menyetok makanan yang sedang populer. Pelajar juga bisa mempromosikan jualannya melalui berbagai platform online.

2. Penulis Artikel Freelance

Banyak pelajar yang mencari pemasukan tambahan dari menulis. Menulis artikel bisa menjadi peluang untuk mengasah kemampuan sekaligus memberi manfaat untuk orang lain. Bisnis yang cocok untuk pelajar ini hanya membutuhkan laptop/PC dan koneksi internet. Pelajar bisa bergabung dengan jasa penulis artikel untuk mulai menulis.

Keunggulan menulis di jasa penulis artikel yaitu adanya sistem yang jelas. Di sini, semua penulis akan diberikan job setiap harinya. Pelajar bisa menyesuaikan dengan jadwal, misalnya bisa menulis pukul 4 sore dengan jumlah 1000 kata per hari. Dengan kemampuan yang terus diasah, penulis bisa dipercaya mengerjakan tulisan yang lebih berat hingga penghasilan meningkat.

3. Jasa Les Privat

Memberi les adalah usaha yang banyak dilakoni oleh pelajar. Sebagai contoh, pelajar SMA yang suka dunia anak-anak menerima kursus untuk siswa TK di sela waktu luangnya. Saat ini banyak orang tua mencari kursus dengan harga terjangkau dan orang yang telaten menghadapi anak-anak.

Melalui kepercayaan yang dijaga dengan baik disertai promosi melalui media sosial, pelajar bisa mendapat lebih banyak siswa sekaligus meningkatkan kemampuan dirinya. Pemberian kursus ini juga bisa dilakukan secara online mengingat situasi pandemi yang masih cukup berisiko. Pelajar bisa memanfaatkan internet dan media seperti Zoom ataupun Google Meet.

4. Menjual Barang Bekas

Berjualan barang bekas yang masih layak pakai bisa menjadi bisnis yang cocok untuk pelajar di waktu luangnya. Bisnis yang dikenal juga dengan preloved ini tidak hanya menghasilkan uang, namun juga membuat rumah lebih bersih dan rapi karena menyingkirkan barang tidak terpakai. Promosi gencar di media sosial bisa membantu usaha ini lebih berkembang, bahkan bisa menerima titip jual dari orang lain sebagai pemasukan tambahan.

5. Mempromosikan Produk

Media sosial menjadi ladang penghasilan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, melalui promosi barang sudah bisa mendapat pemasukan seperti yang banyak dilakukan oleh influencer. Tidak harus menjadi influencer, pelajar yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan media sosial juga bisa mencoba bisnis ini.

Contohnya endorse dari Instagram. Mulai dengan membuat konten yang menarik baik dari segi pengambilan gambar maupun tulisan (caption). Tidak boleh asal membuat kalimat, namun perlu mempertimbangkan apakah orang yang membaca bisa penasaran atau bahkan tertarik dengan produknya. Tidak lupa mengenalkannya pada orang lain dan memperluas relasi agar perlahan jumlah endorse yang diterima semakin banyak.

 

Itulah pembahasan seputar bisnis yang cocok untuk pelajar. Berbisnis di kala masih sekolah adalah hal yang sangat bermanfaat. Tidak saja mendapat penghasilan, namun juga belajar untuk mengandalkan diri sendiri. Contohnya saat kehabisan uang jajan, pelajar bisa menggunakan skill-nya untuk mendapat penghasilan sendiri. Setelah usai sekolah, hal ini akan terbiasa dilakukan dan tidak kaget menghadapi dunia kerja.