Bukan Hanya Mendukung Kelancaran ASI, Ini Manfaat Alpukat Untuk Ibu Menyusui

Sudah menjadi kewajiban bagi ibu menyusui untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena akan sangat berpengaruh dalam memproduksi ASI untuk si kecil. Jangan sampai produksi ASI tidak lancar dan malah berakibat buruk bagi tumbuh kebang anak. Dan untuk mewujudkannya, tentunya ibu harus memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi sehari hari. Ingat, apa yang ibu makan tentunya akan diserap kembali oleh anak melalui ASI. Selain memperhatikan nutrisi, anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kualitas ASI seperti buah Alpukat. Buah Alpukat kaya akan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk ibu menyusui. Bahkan fakta unik lainnya menyebutkan jika mengkonsumsi buah alpukat selama masa kehamilan juga bisa mempengaruhi profil rasa dari ASI, hal ini dikarenakan perubahan komposisi sangat dipengaruhi kandungan asam lemak serta nutrisi lainnya di dalam buah alpukat. Namun tak hak hanya dapat melancarkan ASI saja, banyak manfaat alpukat untuk ibu menyusui lainnya yang perlu diketahui. 

alpukat untuk ibu menyusui

Baca Juga : 12 Alpukat Unggul Rasa Enak

Meningkatkan Kualitas ASI Perah

Seperti penjelasan sebelumnya, salah satu manfaat alpukat untuk ibu menyusui adalah dapat melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI perah. Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang cukup tinggi yang mana sangat baik bagi ibu menyusui. Tentunya ini sangatlah penting, mengingat proses menyusui merupakan proses penting mengingat ini untuk mendukung pemberian nutrisi yang baik bagi si kecil. Bukan hanya itu, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin mulai dari A, C, D, E, K, serta asam folat dan omega-3 yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. 

Membantu Mencegah Anemia

Biasanya ibu yang sedang dalam masa menyusui seringkali kurang waktu tidur untuk mengurus sang buah hati, baik itu saat menyusui di tengah malam ataupun menemani aktivitas si kecil. Hal ini tentunya akan beresiko kekurangan darah pada tubuh ibu. Untuk mengurangi resiko anemia, ibu bisa mencoba konsumsi alpukat karena kandungan zat besi di dalamnya yang dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah di dalam tubuh. Zat besi inilah yang kemudian membantu ibu menyusui agar terhindar dari resiko kekurangan darah. 

Selain itu, dalam buah alpukat terkandung sekitar 975 mg Kalium, yang mana jumlah ini lebih banyak 2-3 kali lipat lebih banyak dibandingkan buah pisang. Mencukupi kebutuhan kalium sehari hari dipercaya mampu menyeimbangkan tekanan darah selama masa menyusui. 

Menjaga Kesehatan Tulang

Ibu yang sedang menyusui sangat rentan mengalami kekurangan kalsium, karena kadar kalsium di dalam tubuh dapat berkurang karena memberikan ASI terus menerus. Saat tubuh kekurangan kalsium, tentunya ini akan membuat tulang rentan mengalami osteoporosis. Karena itulah, ibu menyusui sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya dengan mengkonsumsi alpukat. 

Menambah Berat Badan Bayi

Alpukat mempunyai kandungan kalori sehat yang sangat baik bagi tubuh. Jika ibu ingin menaikkan berat badan si kecil secara alami, maka konsumsilah alpukat secara rutin. Dalam 100 gram alpukat mengandung sekitar 200 kalori di dalamnya.  Kandungan kalori baik yang tinggi inilah yang sangat membantu ibu untuk saat memberikan asupan nutrisi kepada bayi agar tetap berjalan lancar. Cara ini juga sangat efektif jika ibu memiliki permasalahan berat badan bayi rendah. 

Baca Juga : Alpukat Unggul

Mencegah Peradangan Pada Bayi

Manfaat alpukat untuk ibu menyusui lainnya adalah mencegah peradangan, baik pada ibu menyusui maupun anak. Bukan hanya nikmat rasanya, namun kandungan nutrisi di dalamnya dapat mencegah resiko penyakit yang berkaitan dengan peradangan di bagian tubuh tertentu. 

Meningkatkan Sistem Imunitas

Nutrisi yang diperoleh bayi pada masa 6 bulan pertama di hidupnya sangat bergantung dari kualitas ASI yang diproduksi ibu. karena itulah penting bagi ibu menyusui harus menjaga kesehatan agar bisa optimal memberikan ASI kepada si kecil. Dan mengkonsumsi alpukat menjadi salah satu cara terbaik dalam meningkatkan sistem imunitas. Berkat kandungan glutathione di dalamnya merupakan antioksidan alami yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hasil penelitian di tahun 2000 yang dijelaskan dalam Jurnal Processing of Society Nutrition menjelaskan jika sistem imunitas tubuh bisa bekerja baik jika sel limfoid mempunyai tingkat menengah ataupun seimbang dengan kadar glutathione. 

Nah itu tadi, beberapa manfaat alpukat untuk ibu menyusui, sangat banyak bukan? Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah alpukat secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan manfaat tersebut. Namun ingat, jangan sampai berlebihan.