Cara Belajar Javascript Dalam 4 Langkah

JavaScript adalah bahasa pemrograman paling populer untuk pengembangan web. Mudah dipelajari dan dapat digunakan di sisi klien (dalam browser) dan sisi server (server). Menurut StackOverflow, ada lebih dari 10 juta pengembang yang menggunakan JavaScript di seluruh dunia. Jumlah itu terus bertambah karena semakin banyak orang yang menyadari bahwa bahasa pemrograman ini sangat bermanfaat.

JavaScript adalah bahasa fleksibel yang memungkinkan Anda membuat apa pun mulai dari animasi sederhana di situs web hingga game rumit dengan grafik 3D. Baik Anda baru memulai atau sudah memiliki pengalaman dengan bahasa lain, JavaScript akan membantu meningkatkan keahlian Anda.

Dalam artikel ini kita akan mengeksplorasi empat cara terbaik untuk pemula dan ahli untuk mulai belajar JS yaitu melalui buku, kursus, video, dan situs web.

Buku Javascript

Kabar baiknya adalah ada banyak pilihan untuk belajar javascript online dan offline! Berikut daftar beberapa buku favorit :

Buku Learning Javascript, buku ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasarnya. Ini memandu Anda melalui semua dasar-dasar menggunakan contoh yang jelas dan proyek menyenangkan yang akan membuat Anda membuat halaman web pertama Anda dalam waktu singkat!

Buku JavaScript: The Good Parts, buku ini mencakup topik yang lebih maju seperti membuat game JavaScript. Contoh kode sedikit lebih menantang, tetapi akan membantu mengembangkan keterampilan Anda lebih lanjut.

Kursus Javascript

Kelas online adalah cara yang fantastis untuk belajar JS dengan cepat dan dengan fleksibilitas kelas online Anda dapat belajar di mana saja. Berikut adalah beberapa kelas online favorit:

Udemy, kursus ini adalah salah satu kursus online paling populer yang tersedia untuk belajar Javascript. Mereka mengajari Anda cara membangun dua proyek menyenangkan, termasuk Pokemon versi Anda sendiri!

Kursus JavaScript Nextgen, kursus yang berguna ini akan membantu Anda membangun 15 aplikasi web yang berbeda menggunakan JavaScript dan jQuery serta memberikan pengenalan tentang object dan class.

Video Javascript

Javascript ada dipalai di mana-mana dan akibatnya ada banyak saluran di Youtube yang mengajarkan setiap aspek bahasa dari pemula hingga mahir! Inilah lima channel youtube teratas :

Channel Learning Javascript, saluran populer ini memiliki lebih dari 1 juta pelanggan. Penuh dengan contoh yang menyenangkan dan menghibur tentang cara menggunakan JavaScript dalam kehidupan nyata.

Pencipta jQuery (libraryJavascript paling populer), John Resig membagikan beberapa dasar favoritnya di saluran ini.

Situs web Javascript

Ada juga berbagai sumber online bermanfaat yang bisa sangat bagus untuk mempelajari segala sesuatu tentang JS. Berikut rekomendasi teratas :

Tutorial belajar javascript dari Nextgen, situs ini memiliki banyak informasi berguna, termasuk perpustakaan yang memakai Javascript yang disebut Jquery. Ini sempurna untuk pemula yang ingin belajar dari beberapa pengembang Javascript terbaik di industri.