Cara Belajar Mengaji di Rumah agar Cepat Lancar

Pentingnya belajar mengaji bagi umat islam dari semua kalangan baik anak anak maupun dewasa membuat hal tersebut tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, mengaji sama dengan membaca ayat suci atau kalam Allah yang tidak boleh salah dalam membacanya. Salah dalam membaca satu huruf saja bisa membuat salah arti. Dengan demikian, mengaji Alquran harus dibarengi dengan pengaplikasian tanda baca dan ilmu tajwidnya.

Membaca Alquran Setelah Selesai Shalat

Belajar ibarat sebuah air yang menghujani batu, lama kelamaan batu tersebut akan terkikis. Begitu juga dengan belajar mengaji. Mengaji tidak ada istilah selesai atau tamat, sekalipun telah khatam Alquran. Mengaji harus terus diulang-ulang agar paham akan maknanya. Oleh sebab itu, harus membaca Alquran setelah selesai shalat.

Mengaji harus diikuti dengan mengetahui ilmu tajwid, huruf dan makhrojnya. Oleh sebab itu diperlukan pengulangan agar dapat membaca Alquran dengan lancar. Salah satunya dengan membaca Alquran setelah selesai shalat 5 waktu seperti shalat magrib dan shalat shubuh. Usai shalat dalam satu hari (selama 5 waktu), usahakan untuk dilanjutkan dengan membaca alquran, walaupun hanya beberapa ayat.

Baca Juga : kursus baca alquran

Dengan membaca Alquran secara berulang-ulang setelah selesai shalat. Lambat laun akan lebih fasih dalam membaca Alquran tersebut. Termasuk mempelajari ilmu tajwid , dan pelafalan huruf dalam Alquran dengan benar. Sehingga seseorang yang membacanya tidak akan terjadi kesalahan dalam menafsirkan dan memahami artinya. Jika belum lancar membaca alquran, anda bisa memakai alquran terjemahan transliterasi bahasa arab ke latin sehingga anda bisa baca alquran walaupun belum bisa bahasa arab atau baca iqro sekalipun.

Menggunakan Aplikasi Belajar Mengaji dari Android

Ketika banyak melakukan aktivitas di rumah, terlebih ketika pandemi  pada saat ini. Dimana banyak aktivitas yang menggunakan smartphone. Alangkah baiknya jika mengisi aktivitas tersebut digunakan untuk mempelajari mengaji dengan mengunduh aplikasi mengaji yang banyak tersedia di Playstore untuk Android dan juga APP Store untuk iPhone.

Di dalam aplikasi tersebut tidak hanya mengenal berbagai huruf hijaiyah, tetapi juga tafsir dan ilmu tajwidnya serta cara membacanya, yang bisa didengarkan secara Audio. Dengan demikian, mempelajari mengaji pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentunya tidak akan terlalu menyita banyak waktu, karena proses pengunduhannya pun cukup cepat, terlebih jika koneksi internet tersebut kuat dan stabil.

Penggunaan aplikasi tersebut sangat disarankan oleh beberapa guru mengaji untuk mendukung kelancaran dalam mempelajari Alquran. Kecanggihan teknologi yang dapat mendukung ilmu pengetahuan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Terlebih dalam aplikasi tersebut, disediakan program pembelajaran yang lengkap.  Baik untuk pemula maupun untuk tingkat mahir yang ingin memperlancar mengaji Alquran-nya sebaiknya untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dengan demikian, mempelajari mengaji Alquran  menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dilakukan di rumah.

 

Mengingat pentingnya belajar mengaji baik untuk pemula maupun untuk yang mahir sekalipun agar lebih lancar dalam mengaji diharuskan untuk membaca secara berulang-ulang Alquran, sesaat setelah selesai shalat. Adapun agar lebih praktis sebaiknya menggunakan aplikasi mengaji yang bisa dilakukan melalui smartphone.

Referensi: cendekiaprivat.com