Cara Efektif Promosi Blog

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi blog supaya mendatangkan pengunjung. Dari melakukan blogwalking, membalas komentar di grup dengan URL postingan, hingga berkolaborasi dengan blogger lain.

Tidak hanya sekedar melakukan spam, promosi blog bisa dilakukan dengan cara-cara efektif yang terlihat jauh lebih elegan. Berikut ini merupakan tips cara promosi blog yang ampuh untuk mendatangkan pengunjung secara organic maupun berbayar.

1. Sediakan Share Button

Mencantumkan tombol untuk share postingan anda. Selain itu di akhir setiap postingan anda bisa menambahkan kalimat ajakan supaya pengunjung blog membagikan URL artikel ke media sosial.

Maka, aktivitas blog akan meningkat. Karena memungkinkan ada kunjungan dari pengguna media sosial lain, karena URL artikel yang dibagikan tadi. Fyi, beberapa tahun lalu Google sendiri yang menjadikan jumlah share link ke media sosial sebagai salah satu ranking factor.

2. Bersahabat dengan Mesin Pencari

Supaya mudah ditemukan orang saat browsing, blog anda harus bersahabat dengan salah satu mesin pencari Google. Anda perlu mencari tenaga ahli mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Apa itu SEO? SEO adalah sebuah strategi mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian, supaya potensi traffic organic anda pun meningkat. Salah satu cara supaya website kita lebih disukai oleh mesin pencari adalah dengan mematuhi Webmaster Guideline. Atau bisa juga dengan membuat konten yang sesuai search intent, sehingga blog anda bisa mendapat rangking yang bagus di Google.

3. Mengunjungi Sebelum Dikunjungi

Mengunjungi blog orang lain terlebih dulu lalu tinggalkan komentar seperti “Kalau anda mendatangi blog saya, saya akan mendatangi blog anda”. Tidak ada salahnya untuk memberikan masukan di kolom komentar blog lain yang memiliki konten yang sama dengan blog anda. Blog tamu seperti ini akan memperluas jaringan pertemanan dilingkungan blogger lain.

4. Terapkan Multimedia Blogging

Mengkombinasikan konten blog anda dengan media lain selain tulisan. Misalnya tampilan menarik berupa gambar (infografis) serta video akan membuat lebih disukai dan menarik untuk dilihat. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat blog lebih bervariasi dengan multimedia. Selain menghindari kejenuhan, pembaca akan lebih sering mengunjungi blog anda sebagai rujukannya.

5. Konsisten dengan Jadwal Publikasi

Mengupload dan menulis konten secara teratur dan konsisten. Karena, jika konten tidak diupload secara teratur maka akan mengurangi pengunjung blog anda.

6. Adakan Kontes

Membuat kuis atau lomba yang menarik untuk menaikkan interest pengunjung. Beberapa hadiah kecil yang anda berikan untung pemenang lomba atau kuis akan berpangaruh besar pada awareness blog anda.

7. Agresif di Media Sosial

Aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram untuk mempromosikan blog anda. Sering-sering lah untuk membuat status dan membagikan link menuju website anda. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan pengunjung di blog anda.

8. Gunakan Email Marketing 

Penggunaan strategi email marketing ini sendiri masih cukup relevan. Anda bisa menggunakan email untuk menjangkau pembaca dari berbagai usia karena notifikasi akan langsung masuk melalui inbox email.

9. Memasang Push Notification

Push notification adalah notifikasi atau pemberitahuan yang muncul di layar perangkat anda, bisa laptop atau HP, dan juga browser. Push notification akan memberitahukan jika ada postingan terbaru dari website anda.

Cara kerjanya sangat mudah pembaca atau user tinggal klik berlangganan untuk mendapatkan notifikasi setiap ada artikel baru dari website anda.

10. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Selanjutnya, bisa melakukan promosi blog dengan iklan, bisa menjadi solusi yang ampuh untuk mendapatkan pengunjung secara instan. Fitur iklan yang ditawarkan Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads bisa diatur sesuai keinginan.

Jadi, jika blog anda berisi konten seputar olahraga maka bisa diatur ke segmen kesehatan atau para penyuka olahraga agar kinerjanya lebih optimal.

11. Kerjasama dengan Blogger Lain

Cara promosi blog yang satu ini sering dilakukan oleh sesame blogger professional. Metode dan strateginya pun ada banyak, dari bertukar postingan atau biasa disebut guest post, mention URL blog di artikel, dan juga saling tag akun media sosial.

 

Itulah berbagai cara promosi blog supaya banyak menarik pengunjung. Cara di atas dapat digunakan untuk blog baru maupun blog lama asal dilakukan secara konsisten. Namun jika anda masih awam dalam dunia website. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website Semarang. Disini anda tidak perlu lagi memikirkan hal-hal di atas. Sebab, website akan dioptimasi oleh tim profesional dan berpengalaman