Cara Membuat Coklat Pasta untuk Isian Roti

Haloo kalian yang disana, pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang cara membuat coklat pasta untuk isian roti, nah bagi kalian yang sedang mencari pasta coklat, yuk mending buat sendiri.

 

Cara Membuat Pasta Coklat Isian Roti

Bahan

  • 4 sdm Bubuk Kakao
  • 3 sdm Terigu
  • 100 g gula (sekitar 7 sdm.)
  • 1 sdm Margarin / Mentega
  • 1 sachet coklat kental manis
  • 1 sachet susu bubuk
  • 300 cc air

Cara Membuatnya

  1. Tambahkan semua bahan coklat bubuk, tepung terigu, gula pasir, kental manis coklat dan susu bubuk.
  2. Tuang air perlahan-lahan agar adonan tidak saling menempel. Aduk campuran selai/pasta coklat ini hingga rata dan tidak menggumpal. Jika adonan kental, kita bisa menggulungnya sebelum dimasak.
  3. Kemudian masak adonan sambil diaduk secara rutin agar tidak gosong. anda wajib mengaduknya secara merata ke ujung panci agar tidak gosong. Masak dengan api sedang, jika sudah kental maka kecilkan api lalu aduk cepat agar tanah tidak gosong.
  4. Masak selai/pasta coklat hingga matang dan mengental.
  5. Setelah mengentalkan campuran selai/pasta coklat, keluarkan selai/pasta coklat.
  6. Kemudian tambahkan margarin/mentega. Aduk hingga margarin/butter meleleh.
  7. Diamkan hingga suhu ruang.
  8. Setelah selai/pasta coklat mendingin hingga suhu ruang, masukkan ke dalam toples kemudian simpan di lemari es.

Macam-Macam Coklat dan Khasiatnya

1. Bubuk kakao

Nah, jenis coklat pertama yang memiliki kegunaan dan manfaat berbeda tentunya adalah coklat bubuk. Sesuai dengan namanya, coklat ini berbentuk bubuk biji kakao asli yang telah dikeringkan.

Bubuk kakao umumnya mengandung lemak coklat, polifenol dan berbagai antioksidan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Karena tidak melalui proses lain, rasa coklat kakao ini sangat kental dan asam, bahkan tidak ada rasa manis sama sekali! Ini tidak mengandung gula. Biasanya coklat bubuk sering digunakan untuk membuat kue.

2. Coklat tanpa pemanis

Jika kakao bubuk dibuat dari biji kakao kering, maka coklat tanpa pemanis adalah hasil fermentasi dan proses pengeringan biji kakao dalam bentuk pasta dan cocoa butter.

Nah, coklat jenis ini biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat coklat jenis lain, seperti coklat putih.

Sesuai dengan namanya, coklat yang ini dibuat tanpa pemanis buatan. Coklat tanpa pemanis sendiri masih mempertahankan rasa asli dari coklat yang agak pahit.

3. Coklat hitam

Coklat tanpa pemanis dalam bentuk pasta coklat atau lemak coklat, biasanya diproses ulang untuk membuat berbagai coklat lain yang biasa kita konsumsi.

Nah, salah satunya adalah dark chocolate yang dikenal sebagai jenis coklat yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Coklat hitam adalah coklat olahan dengan kandungan pasta coklat yang tinggi, sehingga berwarna gelap dan memiliki rasa yang pahit.

Meski pahit, ya, sensasi dark chocolate ini cukup populer untuk dikonsumsi. Efek positifnya seperti meningkatkan mood dan membangkitkan energi juga menjadi alasan mengapa coklat ini disukai.

4. Coklat susu

Ini tentu saja jenis yang paling umum dan dapat ditemukan hampir di mana saja di dunia. Ya, apalagi kalau bukan coklat susu. Seperti namanya, ya, tentu Anda bisa menebak isinya. Ya, coklat ini mengandung susu.

 

Wokey kawan kawan itulah yang bisa saya berikan pada artikel cara membuat coklat pasta untuk isian roti kepada kalian, nah bagi kalian yang ingin membuat pasta coklat sendiri bisa menggunakan mesin coklat lengkap untuk mempermudah pengolahan, lalu pastikan mesin yang akan kalian beli, di beli dari produsen mesin terbaik.