Cara Membuat Klappertart yang Rendah Cocok Buat Diet

Klappertart adalah makanan khas daerah Manado yang berasal dari Belanda. Klappertart berasal dari bahasa Belanda, yang merupakan 'klapper' yang berarti 'kelapa' dan kata 'tart' yang berarti 'kue'. Jadi, secara harfiah klappertart adalah kue kelapa.

Klappertart termasuk kue dengan kandungan kalori yang cukup tinggi, sehingga terdapat banyak inovasi resep klappertart rendah kalori yang menggunakan bahan lemak rendah kalori, pemanis rendah kalori, dan susu kalsium tinggi. 

Klappertart rendah kalori sengaja dibuat supaya banyak orang yang sedang diet bisa merasakan kue lezat ini, salah satunya juga yang mempunyai gula darah dan kadar kolesterol di atas rata-rata.

Di sisi lain klappertart juga mengandung gizi yang sangat baik bagi tubuh, antara lain buah kelapa dengan kandungan protein, kalsium, lemak baik, zat besi, fosfor, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B1.

Susu yang mengandung kalsium yang sangat baik bagi tulang dan bisa mencegah osteoporosis, dan juga keju yang mengandung mineral, laktosa, dan vitamin. Telur yang menjadi bahan utama juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B12, vitamin B6, kalsium, asam folfat, serta fosfor.

Teringat Kembali Akan Denhaag Klappertaart (Bandung) – my eat and travel  story

Bahan dasar dari klappertart adalah kelapa, susu, tepung terigu, telur dan mentega. Klappertart bias dibuat dengan cara dipanggang atau juga bisa di kukus.

Karena terbuat dari kelapa, yang menghasilkan rasa sedikit gurih dan juga manis dengan tekstur kue yang sangat lembut sekali dan mudah lumer di dalam mulut.

Jika ingin merasakannya kamu tak perlu pergi jauh-jauh sampai ke Manado. Karena kamu dapat membuatnya sendiri di rumah metode cara dikukus ataupun dipanggang.

Cara Membuat Resep klappertart 

Bahan

•    Air kelapa 150 ml
•    Susu UHT 500 ml
•    Kuning telur 2 pcs
•    Tepung maizena 20 gram
•    Tepung terigu 50 ml
•    Kismis 50 gram
•    Almond slice 5 gram
•    Margarine 100 gram
•    Gula putih 180 gram
•    Daging kelapa muda 50 gram yang dipotong menggunakan mesin pencungkil kelapa dua mata
•    Vanilla essence / Rum 25 ml
•    Garam 5 gram 

Cara membuat

1.    Pertama-tama masukan kuning telur dan gula pasir di atas panci dengan api yang sedang. Aduk sebentar, setelah itu tambahkan garam, susu cair, dan air kelapa muda. Lalu aduk semua bahan tersebut hingga rata. 

2.    Sambil menunggu adonan yang dimasak, buat terlebih dahulu meringue dengan campurkan putih telur kocok dan gula pasir menggunakan mixer roti selama 15 sampai 20 menit. Kocok terus sampai terbentuk busa yang padat. 

3.    Kembali lagi ke adonan utama, jika sudah rata semua, masukkan maizena dan tepung terigu. Aduk sampai menggumpal. Kemudian masukkan mentega cair, daging kelapa muda, vanilla essence, dan kayu manis bubuk.  

4.    Masukkan juga almond dan kismis dengan takarang setengah dari resep. Rum boleh ganti dengan kopi atau vanilla essence, bisa disesuaikan dengan selera.

5.    Adonan pertama yang sudah jadi bisa ditata di wadah. Kemudian tambahkan meringue yang terdiri dari campuran gula dan putih telur di bagian atas adonan sampai permukaan adonan tertutup sempurna. 

6.    Langkah selanjutnya taburkan irisan kismis dan almond di bagian atas klappertart. 

7.    Kemudian bakar bagian atas klappertart dengan torch hingga berwarna kecoklatan. Atau bisa juga dengan oven yang disetel panas bagian atas saja.   

8.    Saran penyajian, masukkan klappertart ke dalam kulkas atau juga bisa dimakan langsung .

Sekian pembahasan tentang cara membuat resep klappertart dari saya, semoga membantu anda semua. Terima kasih.