Cara Menghilangkan Bau pada Air

Semua makhluk hidup yang ada di bumi termasuk manusia, tentunya tidak bisa hidup tanpa adanya air. Sebagai salah satu kebutuhan primer, hampir delapan puluh persen kehidupan manusia ditopang oleh adanya air baik itu untuk kebutuhan minum, mencuci, mandi, memasak, dan lainnya. Melihat akan pentingnya air bagi kehidupan, akan menjadi permasalahan yang cukup pelik jika kualitas air yang menjadi konsumsi sehari-hari ternyata berbau.

Apabila saat ini kamu juga mendapati masalah tersebut, kemungkinan ada beberapa penyebab. Salah satunya bisa disebabkan oleh sumber mata air utama yang tercemar. Untuk mengatasi hal ini, berikut ada tiga cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan bau pada air. Simak yuk selengkapnya.

Menghilangkan Bau dengan Kaporit atau Kalsium Hipoklorit

Bau tak sedap yang timbul dalam air bisa jadi disebabkan karena kotoran yang ataupun bakteri yang menempel pada pipa saluran air. Untuk menangani hal tersebut dapat dilakukan dengan membersihkan pipa saluran air maupun secara langsung membersihkan tempat penampungan air seperti sumur. Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan bahan kimia penghilang bau air yang dijual di pasaran.

Bahan kimia tersebut terkenal dengan nama kaporit atau kalsium hipoklorit. Kaporit merupakan sebuah desinfektan yang lebih difokuskan untuk membasmi bakteri sehingga mampu menghilangkan bau yang ada di air. Hanya saja, penggunaan kedua bahan tersebut tidak boleh dilakukan tanpa perhitungan. Apabila terlalu banyak memasukkan kaporit dalam air, justru bisa berdampak dan membahayakan kesehatan tubuh. Takaran yang disarankan untuk 1000 liter air adalah 1 gram. Jumlah takaran kaporit bisa bertambah sesuai dengan banyaknya volume air.

Menghilangkan Bau dengan Alat Filter Air

Jika menggunakan bahan kimia seperti kaporit masih membuatmu ragu, terdapat cara lain yang bisa kamu aplikasikan untuk menghilangkan bau pada air, yaitu dengan memasang filter air. Menggunakan filter air diketahui mampu menghilangkan berbagai kotoran serta bakteri yang menyebabkan air berbau. Dalam mesin filter air, terdapat 3 jenis filter dengan fungsi yang berbeda-beda. Filter pertama adalah polypropylene yang berguna untuk menyaring berbagai partikel lumpur dan lumut.

Kemudian, filter kedua dinamakan GAC yang punya fungsi utama untuk menyerap dan menghilangkan berbagai bau tak sedap di air. Terakhir, filter ketiga disebut dengan carbon block yang berfungsi untuk memurnikan air. Akan tetapi, dengan segala fungsi yang ada tersebut, kamu harus merogoh kantong cukup dalam, mengingat harga untuk membeli filter air juga tidak murah.

Menghilangkan Bau Secara Alami

Tidak hanya dengan dua cara di atas, masih ada satu cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau pada air. Cara satu ini bisa dibilang cara yang paling alami karena tidak menggunakan bantuan bahan ilmiah maupun alat-alat tertentu. Namun, bahan yang dilibatkan dalam cara satu ini adalah arang kelapa yang mana diketahui sangat efektif untuk menghilangkan bau dan menjernihkan air.

Untuk langkah-langkahnya, siapkan arang kelapa sesuai dengan volume air. Bungkus arang kelapa ke dalam sebuah kain dan masukkan arang kelapa tersebut ke dalam sumber penampungan air atau sumur. Biarkan hingga arang kelapa bekerja hingga bau dalam air tak tercium lagi.

Jadi, itulah 3 cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau pada air. Selain beberapa cara di atas, sebenarnya kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal mengenai tips pembuatan sumber air atau sumur supaya tidak sampai berbau. Keseluruhan tips tersebut dapat kamu simak lebih lanjut di perpusteknik.com yang juga menyajikan informasi mendetail mengenai cara menghilangkan bau pada air.