Cara Pemboosteran Kelengkeng Kateki

Buah kelengkeng sama seperti tanaman buah lainnya membutuhkan perawatan yang baik dan juga tepat. Salah satunya adalah kelengkeng kateki, sebenarnya jika ditanam dengan benar kelengkeng kateki cepat berbuah karena memiliki pohon yang bersifat genjah. Hanya saja kita sering kali lupa dan melewatkan perawatan yang semestinya sehingga pohon kelengkeng kateki tidak dapat berbuah padahal sudah berusia bertahun-tahun sejak masa penanaman.

Untuk mengatasi masalah kelengkeng kateki yang tidak bisa berbuah ini anda harus memberikan perhatian khusus untuk pohon kelengkengnya. Salah satunya bisa dilakukan dengan pemboosteran, untuk mencari booster kelengkeng saat ini sudah dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko pertanian. Biasanya pupuk booster ini adalah pupuk yang mengandung NPK, asam amino, dan juga potassium klorat yang baik untuk merangsang buah agar berbuah.

Anda bisa mendapatkan pupuk booster untuk membuat kelengkeng kateki cepat berbuah di berbagai toko pertanian atau pasar-pasar. Ada berbagai macam merek yang bisa anda pilih untuk membooster kelengkeng kateki beberapa pilihan yang mungkin ada di pasaran adalah NASA, Amazing Grow, Farmpion, Nongfeng, Nutrileng, Vitalongan dll.

Cara untuk melakukan pemboosteran sudah bisa anda baca pada bagian petunjuk yang ada di kemasan masing-masing booster. Tapi anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan pemboosteran agar kelengkeng kateki cepat berbuah.

1.    Berikan nutrisi yang cukup terlebih dahulu sebelum melakukan pemboosteran. Cara untuk memberikan nutrisi pada tanaman ini bisa dilakukan dengan cara memberikan pupuk terlebih dahulu, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang agar tanah dan pohon bibit ternutrisi dengan baik.

2.    Pastikan agar saat melakukan pemboosteran pohon kelengkeng kateki sedang tidak memiliki tunas air atau daun muda. Jika ada daun muda atau tunas air pada pohon lebih baik dipangkas terlebih dahulu. Karena nanti nutrisi dari booster tidak akan maksimal terserap pada batang yang akan menghasilkan buah. Melainkan akan membuat daun muda atau tunas air menjadi lebih besar dan tua.

3.    Cara melakukan pemboosteran bisa dengan menyiramkan air ke dalam batang dan daerah perakaran. Berikan pupuk sedikit demi sedikit, jangan langsung diguyur. Pastikan agar booster terserap dengan baik ke pangkal batang, jadi sirami saja secara perlahan boosternya.

4.    Jangan berikan booster saat memasuki musim hujan karena dapat membuat booster larut atau bahkan terkikis oleh air hujan. Jadi lebih baik melakukan pemboosteran di musim kemarau atau setelah musim hujan.

5.    Setelah pemberian booster ini lakukan perawatan bibit seperti biasanya, sirami bibit secukupnya setelah sudah lewat 1 minggu sejak masa pemboosteran.

6.    30 – 45 hari setelah pengaplikasian booster biasanya pohon akan mulai memunculkan bunga dan juga kuncup daun yang baru.

Itulah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat pohon kelengkeng kateki cepat berbuah. Metode pemboosteran ini merupakan cara yang paling efektif untuk membuat pohon kelengkeng kateki cepat berbuah. Anda juga bisa menggunakan metode yang lain seperti stress air untuk dapat membuahkan pohon kelengkeng kateki ini. Tetapi pemboosteran merupakan cara yang baik dan juga lebih cepat untuk menumbuhkan dan membuahkan pohon kelengkeng anda.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com