Definisi dan Unsur dalam Internet of Things

Belakangan tahun ini, keberadaan IoT menjadi salah satu jargon spesial yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri.

Bahkan, teknologi IoT menjadi sumber kesuksesan banyak bisnis. Yuk kita ketahui apa itu IoT secara lebih detail di artikel kali ini.

 

Definisi Internet of Things

IoT merupakan teknologi yang memungkinkan satu objek mampu berkirim data melalui koneksi tanpa bantuan dari user ataupun komputer. Dengan kata lain, IoT adalah sebuah program yang memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data melalui jaringan tanpa bantuan perangkat komputer lain dan manusia.

 

Unsur-unsur Internet of Things

Setelah mengenal apa itu IoT, selanjutnya masuk dalam pembahasan tentang apa saja yang termasuk unsur dari IoT.

Unsur dalam Iot

Jika dilihat secara teknis, IoT mempunyai sejumlah komponen teknologi pendukung yang membuatnya dapat bekerja lebih maksimal. Berikut ini diantaranya :

Sensor

Sensor adalah unsur pertama yang dapat mengubah perangkat IoT pada segi jaringan dari sistem yang awalnya pasif menjadi aktif dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar

Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau istilah lainnya Artificial Intelligence (AI) adalah salah statu unsur yang mampu menghidupkan atau menggerakkan IoT.

Berkat AI inilah sebuah perangkat bisa berkomunikasi secara smart. Selain itu, AI juga mampu melakukan analisis yang lebih kompleks

Koneksi Jaringan

Unsur selanjutnya yakni koneksi jaringan yang merupakan komponen pendukung dari sistem IoT untuk dapat berkomunikasi dengan lancar. Konektivitas yang dibutuhkan haruslah berjalan stabil walaupun hadir dalam load ukuran kecil

Perangkat Mikro

Unsur perangkat mikro dalam IoT berfungsi untuk meningkatkan ketepatan, skalabilitas sekaligus fleksibilitas performa IoT. Semakin kecil sebuah perangkat maka juga akan memiliki nilai dengan biaya yang semakin sedikit pula.

 

Sistem Kerja Internet of Things

Bagaimana sistem IoT bekerja? Menurut website Majapahit Teknologi, Iot bekerja dengan cara memanfaatkan perintah pemrograman yang menghasilkan interaksi ke sesama perangkat terhubung secara otomatis.

IoT bisa berjalan tanpa adanya intervensi pengguna sama sekali, bahkan bisa dalam jarak jauh sekali pun.

 

Penutup

Nah, itulah informasi terkait apa itu IoT yang dapat memperluas wawasan Anda tentang kecanggihan teknologi saat ini. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ya.