Inilah Dampak Buruk dari Berkurangnya Penghijauan di Kota yang Harus Diperhatikan

Penghijauan memang sangat diperlukan untuk bumi karena tanpa pohon manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Pohon bisa mengelola makanannya sendiri, berbeda dengan manusia yang hanya menggantungkan kehidupannya dari hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu, sangat wajar jika keberlangsungan hidup manusia akan lebih terjamin di masa dengan, jika selalu melakukan penghijauan.

Terutama melakukan penghijauan kota, mengapa demikian? Karena kota memiliki udara yang panas akibat dari polusi udara. Selain itu, jika ada  banyak pohon hijau di kota akan membuat udara di perkotaan jadi bertambah segar karena pohon bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Simak beberapa dampak buruk dari kurangnya penghijauan kota :

1. Pencemaran udara yang semakin meningkat

Jalanan kota akan dipenuhi dengan asap kendaraan sehingga membuat kadar karbondioksida menjadi sangat tinggi. Selain itu, akan diperparah dengan adanya asap pabrik yang ada di kota. Jika tidak dilakukan penanganan pencemaran ini akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Biasanya penyakit yang berhubungan dengan pernafasan manusia.

2. Udara yang semakin bertambah panas

Dampak buruk selanjutnya dari berkurangnya penghijauan adalah udara yang terasa semakin panas. Tentu kamu pasti sudah merasakan betapa panasnya udara yang ada di perkotaan, jika dibandingkan udara di pegunungan. Hal ini karena pegunungan memiliki banyak pohon yang membuat kandungan oksigen menjadi lebih banyak.

3. Kondisi lingkungan yang kurang baik

Populasi di kota yang semakin meningkat, hal ini menyebabkan kondisi kota menjadi tidak nyaman karena penduduknya sangat padat. Tidak hanya itu saja, populasi yang meningkat seharusnya diiringi dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah ke dalam tempat sampah fiber dan menyadari akan pentingnya untuk melakukan penghijauan.

Semakin banyaknya populasi manusia, maka udara akan menjadi semakin pengap dikarenakan oksigen yang terbatas. Berbeda jika populasi bertambah namun penghijauan masih terus dilakukan, maka kadar oksigen akan meningkat sehingga kadar karbondioksida bisa dikendalikan dengan baik.

Maka dari itu, mulai saat ini sebaiknya sebagai masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di perkotaan harus memiliki kesadaran untuk melakukan penghijauan di lingkungannya. Penghijauan ini nantinya berfungsi untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia dan menghindari berbagai dampak buruk pada lingkungan.