Jangan Ngaku Mahasiswa Baru, Kalau Belum Merasakan Serba-serbi Kuliah Ini!

Siapa sih yang nggak girang diterima di universitas terbaik? Siapa pula yang nggak bahagia masuk jurusan impian? Orangtua mana coba yang tidak bangga? Selamat, buat Anda si calon mahasiswa baru (maba). Pastinya ada berjuta rasa senang dan bangga pada diri Anda sendiri karena telah berjuang sejauh ini.

Menjadi mahasiswa baru memanglah suatu kebanggaan tersendiri. Anda pasti akan merasa lebih senior, berilmu, dewasa, dan lebih update. Tentunya segudang kegiatan dan organisasi kampus siap Anda jalani demi mendapat predikat mahasiswa sejati. Jikalau Anda berhasil melewati masa susah selama mahasiswa baru tanpa hambatan, berarti kehidupan mahasiswa Anda di tahun-tahun selanjutnya akan berjalan baik-baik saja.

Eitsss, siapa sangka kehidupan mahasiswa baru (maba) bak tuan putri yang dilindungi? Menjadi mahasiswa berarti siap keluar dari zona nyaman. Jangan ngaku mahasiswa baru, kalau belum merasakan serba-serbi kuliah ini! Let’s check it out!

Belajar Mandiri

Serba-serbi kuliah satu ini pasti dirasakan hampir semua mahasiswa baru. Sebagai mahasiswa, tentunya Anda bakal memiliki kebebasan lebih dalam hal apapun. Salah satunya adalah dalam proses belajar selama kuliah. Tidak ada seorang pun yang akan menegur atau bahkan memarahi Anda saat tidak mau belajar. Jadi kesadaran dan kepekaan diri Anda sendiri sangatlah berpengaruh dalam proses kesuksesan dan pendewasaan.

Ternyata, tingkat keseriusan mahasiswa dalam belajar salah satunya ditentukan oleh jurusan yang dipilih. Semakin sesuai jurusan tersebut dengan apa yang Anda mau, semakin semangat pula Anda dalam mempelajarinya. Jangan khawatir, berbagai informasi menarik seputar jurusan kuliah dapat Anda akses dengan mudah hanya di goKampus.com. Jangan sampai kelewat!

Disiplin 

Serba-serbi kuliah yang pertama ini masih menjadi momok bagi para mahasiswa baru. Tentunya, perbedaan jam kegiatan dan banyaknya aktivitas menuntut semua mahasiswa untuk selalu disiplin dalam segala hal. Mulai dari belajar, kerja kelompok, hadir di kelas tepat waktu, dan ujian. Dalam beberapa hal, untuk menjadi disiplin kita harus konsisten terhadap waktu dan kegiatan. 

Menurut beberapa peneliti, orang yang berpendidikan adalah orang yang dikenal disiplin dan selalu tepat waktu. Jadi jika Anda mengaku menjadi bagian dari mahasiswa tentunya anda harus berpegang teguh pada sikap yang satu ini. Tentunya disiplin memiliki segudang manfaat bagi proses pembelajaran, karir, dan masa depan itu sendiri. 

Out of the Box 

Serba serbi kuliah yang satu ini sangatlah benar adanya. Kata mahasiswa sendiri berarti seseorang yang belajar di perguruan tinggi. Kata perguruan tinggi sendiri mengacu pada suatu tempat untuk mempelajari suatu ilmu secara mendalam dan universal. Oleh karena itu, menjadi mahasiswa berarti menjadi manusia yang out of the box. Tidak melulu diam, mendengarkan, dan mencatat pelajaran saja, tapi juga saling berkomentar dan berdiskusi menanggapi suatu studi kasus dalam masyarakat dengan ide-ide emas Anda.

Sesuai dengan pilihan jurusan dan universitas yang Anda mau, seperti berkuliah di President University yang merupakan salah satu universitas terbaik di Jakarta, Anda akan lebih giat dan antusias dalam menggali dan menyampaikan ide-ide brilian tersebut. Jadilah mahasiswa yang patut dikenang. Dikenang pandai berorasi, misalnya. Keluarlah dari zona amanmu dan tunjukkan kepada dunia, siapa diri Anda sebenarnya!

Jadi itulah beberapa serba-serbi kuliah yang pasti Anda rasakan jika menjadi mahasiswa baru. Kira-kira poin mana yang paling susah dijalani?