Khasiat Kunyit Putih Sebagai Terapi Kanker

Kunyit putih merupakan salah satu herbal yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Salah satu manfaat dari kunyit putih tersebut adalah sebagai terapi kanker. Sejauh mana khasiat kunyit putih untuk pengobatan kanker? Berikut jawaban yang dikutip dari deherba.com.

Kenali Apa Sebenarnya Kunyit Putih

Kata kunyit identik dengan rimpang dengan warna kuning terang yang lebih dulu populer dimanfaatkan sebagai bumbu masak dan herbal. Meski memiliki nama serupa, bentuk kunyit putih tidak sepenuhnya mirip dengan kunyit kuning.

Kunyit putih memiliki bulir jonjot berdaging rimpang warna putih dan sedikit mengandung getah. Kunyit putih juga memiliki aroma yang berbeda dari kunyit kuning. Itu pula sebabnya kunyit putih tidak dimanfaatkan sebagai bumbu masak, melainkan lebih banyak dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Bagaimana Khasiat Kunyit Putih?

Secara tradisional, kunyit putih turun temurun dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan sejumlah keluhan kesehatan seperti pada fungsi pencernaan, penggumpalan darah, pereda nyeri haid dan lain sebagainya.

Tetapi dari kacamata klinis, ternyata kunyit putih juga dapat berkhasiat untuk membantu mengatasi gangguan ketidak seimbangan hormonal dan membantu penyembuhan pembentukan massa dalam tubuh, termasuk diantaranya tumor, fibroid, kista, miom dan kanker.

Kunyit putih mengandung setidaknya 20 jenis senyawa kimia organik termasuk diantaranya seskuiterpen, kurkuminoid, dan etil p-metoksisinamat. Dalam kunyit putih juga ditemukan komponen polisakarida, atsiri dan senyawa quercetin yang tinggi.

Komposisi biokimia ini diketahui berkhasiat bekerja sebagai anti proliferasi yang akan menghambat pertumbuhan masif dari sel tumor atau kanker. Dalam riset juga ditemukan adanya efek sitotoksin dari unsur kunyit putih. Efek sitotoksin ini akan bekerja merusak inti sel dan sistem selubung pertahanan dari sel kanker.

Sejumlah laporan klinis juga menunjukan adanya khasiat kunyit putih membentuk reaksi apoptosis yang bekerja menyerang sel-sel rusak tanpa mengganggu sel sehat di sekitarnya. Mengaktifkan sistem pertahanan tubuh dan  mendorong sistem penyerangan terhadap sel tumor atau sel kanker.

khasiat kunyit putih untuk terapi kanker

Terapi kanker dengan bahan kunyit putih juga terbukti membantu mengatasi kondisi ketidak seimbangan hormonal dan gangguan pertumbuhan sel tubuh yang disebabkan oleh gangguan hormonal. Ini terkait dengan sejumlah jenis kanker yang dapat dipicu oleh kondisi hormonal yang tidak normal.

Pemanfaatan Kunyit Putih untuk Terapi Kanker

Kunyit putih memang sudah teruji klinis baik untuk pengobatan alternatif kanker. Secara spesifik, ditemukan khasiat kunyit putih ini efektif untuk membantu terapi kanker yang perkembangannya banyak dipengaruhi oleh kondisi hormonal.

Sebut saja seperti kanker payudara. Kanker payudara dikenal memiliki kepekaan terhadap perubahan hormonal. Dan kunyit putih terbukti secara klinis akan membantu menormalkan kembali gangguan hormonal yang muncul.

Terapi kanker dengan kunyit putih juga akan membantu melemahkan sistem pertahanan dari sel kanker payudara. Terapi ini akan membantu meningkatkan potensi kesembuhan pasien yang tengah menjalankan terapi kanker secara medis.  

Pemanfaatan khasiat kunyit putih juga dapat diterapkan untuk kanker ovarium. Kanker ovarium juga diketahui mendapatkan pengaruh dari perubahan hormonal. Dan terbukti bahwa terapi kanker ovarium dengan kunyit putih akan menurunkan potensi pertumbuhan sel kanker tersebut, juga melemahkan pertahanan sel kanker.

Tidak hanya untuk kanker yang terpengaruh efek hormonal. Karena dalam riset lain ditemukan bahwa terapi kanker dari khasiat kunyit putih juga dapat diterapkan pada kanker paru-paru. Terapi kanker dengan khasiat kunyit putih bekerja ganda membantu menurunkan level toksin dalam paru-paru sekaligus bekerja sebagai toksin untuk sel kanker.