Mengenal Jenis Tanaman Hortikultural

Pertanian sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Perkembangan teknologi saat ini memberi pengaruh terhadap hal tersebut, salah satunya adalah tanaman hortikultural. Jenis tersebut berfokus pada tanaman bunga, sayur, obat, buah, dan sebagainya.

Jenis-jenis Tanaman Hortikultural

Pertanian hortikultural sendiri adalah kegiatan bercocok tanam dengan untuk menghasilkan bahan pangan. Bagi Anda yang berminat mengembangkannya penting untuk mengetahui dasar-dasarnya serta jenis tanamannya, fungsinya sendiri sangat banyak berikut beberapa diantaranya:

1. Tanaman Sayur (Olerikultura)

Tanaman sayur sangat mudah Anda jumpai baik di sekitar maupun tempat perbelanjaan. Beberapa jenis produk tersebut terdapat hanya pada musim-musim tertentu sehingga akan memiliki harga cenderung mahal. Misalnya untuk jenis tahunan adalah jengkol, petai cina, melinjo, dan masih banyak lainnya.

2. Tanaman Buah (Frutikultur)

Tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman pertanian satu ini, masyarakat sering mengkonsumsinya dengan berbagai tujuan misalnya diet, pengobatan, kesehatan, dan sebagainya. jenisnya sendiri cukup banyak dengan rasa yang beragam

3. Tanaman Bunga (Florikultura)

Tanaman bunga merupakan jenis yang sering digunakan sebagai hiasan, cara penanamannya juga beragam. Jenisnya sendiri sangat banyak misalnya saja melati, mawar, kenanga, anggrek, dan sebagainya. Biasanya ditanam pada taman, kebun rumah, tempat-tempat khusus serta lainnya.

4. Tanaman Obat (Biofarmaka)

Indonesia sendiri terkenal dengan karyanya tumbuhan obat-obatan herbal serta rempah-rempah misalnya saja kunyit, kumis kucing, jahe, buah pala, cengkeh, dan sebagainya. pada tumbuhan ini mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu.

5. Taman atau Lanskap

Merupakan yang ditanam pada lahan tertentu yang ditujukan untuk memunculkan nilai estetik. Saat ini jenis tersebut sudah banyak diterapkan pada beberapa tempat, misalnya alun-alun, kebun rumah, dan sebagainya. Jenis tumbuhannya sendiri biasanya dipilih yang berbunga.

Demikian penjelasan terkait dengan jenis tanaman hortikultural. Saat ini Anda sebenarnya berhubungan dan selalu berkaitan dengan produk-produk alam tersebut. manfaat dari itu semua sangat banyak, sehingga perhatikan cara merawatnya, penggunaan pupuk, pestisida, serta fungsinya. Alhasil, omset pertanian pun bisa menanjak dari waktu ke waktu (asal tata caranya sesuai).

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/